Tingkatkan Vaksinasi Covid-19, Bulgaria Tawarkan Hadiah Uang Tunai untuk Lansia

Nusantaratv.com - 24 Desember 2021

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Alodokter)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Alodokter)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Bulgaria sedang menggencarkan kampanye vaksinasi Covid-19 bagi warganya.

Perdana Menteri (PM) Bulgaria Kiril Petkov mengatakan pada Kamis (23/12/2021) bagi para lansia (lanjut usia) yang mendapatkan suntikan Covid-19 akan memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebagai bagian dari upaya pemerintahnya dalam meningkatkan tingkat vaksinasi.

Dilansir dari Reuters, Jumat (24/12/2021), Petkov, yang mulai menjabat bulan ini, mengatakan setiap pensiunan di Bulgaria akan mendapatkan pembayaran satu kali sebesar 75 levs atau setara Rp617 ribu, di samping pensiun mereka dalam enam bulan ke depan, ketika divaksinasi dengan dosis pertama atau kedua.

Pensiunan yang telah menerima tiga suntikan juga akan memenuhi syarat untuk mendapatkan uang tambahan. Hal ini sebagai upaya pemerintahan koalisi tengah Petkov untuk meningkatkan tingkat vaksinasi Bulgaria. Diketahui, Bulgaria menjadi salah satu negara dengan vaksinasi Covid-19 terendah di Eropa.

Pemerintahan Petkov juga meluncurkan kampanye informasi guna meyakinkan warga Bulgaria yang skeptis terhadap vaksin agar bersedia disuntik demi menghindari gelombang baru virus corona yang mematikan, yang menurut Petkov dapat menyerang pada pertengahan Januari mendatang.

"Prioritas pemerintah kami bukanlah untuk membuat banyak orang meninggal karena Covid, tetapi untuk mengurangi tekanan pada rumah sakit, terutama untuk melindungi orang tua kami yang paling berisiko," kata Petkov dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Petkov berharap insentif baru akan membantu negara Balkan memvaksinasi sekitar 300.000 warga Bulgaria berusia di atas 65 tahun pada akhir Januari 2022.

Terdapat sekitar 16.500 dosis vaksin Covid-19 diberikan dalam 24 jam terakhir, sehingga totalnya menjadi lebih dari 3,6 juta, menurut data kementerian kesehatan.

Namun, banyak orang Bulgaria masih tetap skeptis terhadap vaksin di tengah ketidakpercayaan yang mengakar pada lembaga-lembaga negara, informasi yang salah, dan pesan-pesan yang kontradiktif dari para politisi.

Pada Kamis (23/12/2021), Bulgaria melaporkan 1.463 infeksi baru, turun dari puncaknya pada Oktober, dan 56 kematian baru. Sejauh ini, pandemi telah menewaskan 30.359 orang di negara berpenduduk 7 juta orang itu.

Bulgaria adalah negara dengan 27 anggota Uni Eropa yang paling sedikit divaksinasi, dengan hanya 27 persen dari populasi orang dewasanya yang sepenuhnya divaksinasi. Negara ini memiliki tingkat kematian terkait Covid-19 tertinggi di blok tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])