Timnas Indonesia Bisa Melaju ke Peringkat 128 FIFA, Ini Syaratnya

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Selebrasi pemain Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Selebrasi pemain Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia sukses tampil gemilang di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan meriah kemenangan beruntun atas Vietnam.

Pertama, pasukan Shin Tae-yong meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu The Golden Star Warrior di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (21/3/2024).

Kedua skuad Garuda kembali menunjukkan dominasinya dengan meriah kemenangan telak 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024).

Prestasi yang di raih Timnas Indonesia juga berhasil mencuri perhatian beberapa negara tetangga di Asia Tenggara. Sebab, dua kemenangan tersebut mampu membawa peningkatan pada ranking FIFA skuad Garuda.

Meskipun perubahan resmi dalam peringkat FIFA belum diumumkan, Footy Rankings telah memberikan gambaran perkiraan berdasarkan hasil pertandingan internasional resmi.

Menurut situs tersebut, tim Merah Putih kini berada di peringkat 134 setelah sebelumnya berada di urutan 142. Menurut jadwal, FIFA akan merilis peringkat terbaru pada tanggal 7 April mendatang.

Prestasi ini juga merupakan hasil dari kerja keras pelatih Shin Tae-yong. Bahkan, ini menjadi capaian peringkat FIFA tertinggi yang diraih Timnas Indonesia dalam 13 tahun terakhir.

Tercatat saat pertama kali bergabung pada tahun 2020, Timnas Indonesia berada dalam peringkat 173 FIFA.

Tak sampai disitu, Timnas Indonesia juga bisa merangsek ke peringkat 128 FIFA. Syaratnya, skuad Garuda harus meraih kemenangan saat menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina di tanggal 11 Juni 2024 mendatang.

Jika berhasil meraih kemenangan pada du laga tersebut, Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 31,14 poin dan berpotensi naik enam anak tangga dari peringkat 134 ke 128 dunia setelah mengoleksi 1,133.84 poin

Dua kemenangan tersebut bahkan tak hanya mendongkrak peringkat Timnas Indonesia pada rangking FIFA. Namun juga meloloskan Asnawi Cs ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan secara otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])