Tim Indonesia Salip Malaysia di Klasemen Sementara SEA Games

Nusantaratv.com - 14 Mei 2022

Indonesia raih emas di SEA Games
Indonesia raih emas di SEA Games

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Tim Indonesia memperkuat posisi di SEA Games 2021 Vietnam.  Hingga Sabtu (14/05) pukul 15.30 WIB, Kontingen Merah Putih yang dipimpin Chef de Mission Ferry Kono menempati ranking dua klasemen sementara perolehan medali.

Tim Indonesia menggusur Malaysia yang sebelumnya menempati posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 12 medali emas, 13 perak, 3 perunggu. Negeri jiran di urutan ketiga dengan 11 emas, 5 perak, 14 perunggu. Sedangkan posisi puncak ditempati tuan rumah Vietnam yang mendapatkan 28 medali emas, 18 perak, dan 26 perunggu.

“Hingga sore ini, kita mendapatkan tambahan medali dari rowing yakni 4 emas dan 2 perak. Ada juga wushu dari disiplin taolu (seni) dengan 1 emas dan 2 perak, serta dari triatlon yang memberikan 1 perak dan 1 perunggu,” kata Ferry.

Rowing tampil menjadi juara umum setelah meraih 4 emas dan 2 perak pada hari terakhir. Total, rowing membawa pulang 8 emas dan 6 perak di SEA Games edisi ke-31 kali ini.

Selain rowing, pundi medali Indonesia juga bertambah dari cabang olahraga wushu dan triatlon. Pewushu putri dari nomor taolu (seni) Alisya Mellynar yang turun di nomor taijiquan (tangan kosong) usai tampil terbaik dengan nilai 9,71. Ia unggul atas Agatha Chrystenz (Filipina) yang mendapat nilai 9,69 serta Sy Xuan Sydney (Malaysia) dengan nilai 9,68.

Sedangkan medali perak didapat Harris Horatius yang turun di nomor nanquan (pukulan) usai mendapatkan nilai 9,70. Emas di dapat pewushu Brunei dengan nilai 9,71 dan tuan rumah mendapat perunggu dengan 9,69. Satu perak lainnya diberikan Nicholas yang turun di nomor taijijian (pedang taiji) dengan nilai 9,71. Emas didapat Singapura dengan 9,72 dan Filipina meraih perak usai mengantongi nilai 9,70.

Pada cabang olahraga triatlon, Inge Prasetyo yang turun di nomor  perorangan putri mendapatkan perak usai finis ke dua 02 jam 16 menit 38 detik. Sedangkan perunggu diraih Ronald Bintang Setiawan yang membukukan 2 jam 1 menit 35 detik saat berlomba di nomor perorangan putra.

“Perjalanan di SEA Games masih panjang. Posisi di klasemen medali tentu masih fluktuatif. Saya harap meski saat ini posisi sedang naik, kita tak jemawa. Semoga atlet-atlet kita bisa dapat menjaga fokus di pertandingan atau perlombaan yang mereka jalani, sehingga mendapat hasil terbaik bagi Merah Putih,” ungkap Ferry.

Sore ini, Tim Indonesia dijadwalkan masih akan bertanding di beberapa cabor, seperti senam, atletik, dan renang. 

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])