Tim Cook Soroti Rencana Besar Apple Kembangkan AI pada 2024

Nusantaratv.com - 01 Maret 2024

Ilustrasi. Logo Apple. (Reuters)
Ilustrasi. Logo Apple. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - CEO Apple Tim Cook menyoroti rencana besar perusahaan yang akan mendalami teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada tahun ini.

Hal itu disampaikannya Tim Cook kepada para pemegang saham. Dalam pertemuan tahunan tersebut, dia mengungkapkan, Apple bakal mengembangkan AI karena teknologi tersebut berpotensi mengubah cara seseorang melakukan sesuatu.

Mulai dari menuntaskan pekerjaan lebih cepat hingga menyelesaikan masalah dengan cara baru. Demikian dilansir dari Gizmochina, Jumat (1/3/2024).

Tim Cook mengatakan sebenarnya smartphone Apple sudah pintar dengan AI tanpa disadari penggunanya. Bahkan dia menyebutkan perangkat Apple sudah unggul karena lebih dulu menghadirkan AI lewat produk komputernya yang diklaim memiliki performa yang lebih baik dari para pesaingnya.

CEO Apple Tim Cook. (Foto: Gadgets360)

Namun, raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu merasa AI tetap perlu dikembangkan agar lebih banyak solusi bisa dihadirkan oleh gawai-gawainya. Kendati demikian, Apple masih merahasiakan peta jalannya dalam pengembangan AI karena merasa hal itu baru bisa diungkap menjelang produknya dirilis untuk menjaga posisinya menjadi perusahaan terdepan dalam persaingan teknologi.

Namun tidak semua orang setuju dengan betapa rahasianya Apple tentang pekerjaan AI-nya. Sebuah kelompok yang mewakili pekerja, AFL-CIO, ingin Apple mengungkapkan cara mereka menggunakan AI dan memastikan Apple melakukannya dengan cara yang benar.

Kendati sebagian besar pemegang saham menyukai gagasan tersebut, tetapi gagasan tersebut tidak mendapat cukup suara untuk disetujui. Perdebatan ini menyoroti pembahasan yang lebih luas untuk memastikan AI digunakan secara adil dan benar, terutama terkait hak cipta dan menghormati pencipta.

Perusahaan baru-baru ini diketahui menghentikan perjuangannya selama 1 dekade untuk memproduksi mobil listrik. Keputusan tersebut mengejutkan hampir 2.000 karyawan yang terlibat menggarap proyek tersebut. Hal itu dikatakan sumber Bloomberg yang mengetahui masalah tersebut.  

Sumber menyebutkan keputusan tersebut disampaikan secara internal pada Selasa (27/2/2024) oleh Chief Operating Officer (COO) Jeff Williams dan Wakil Presiden Apple Kevin Lynch. Kondisi ini mengindikasikan proyek yang dikenal sebagai Special Projects Group (SPG), bakal disetop.

Sementara untuk karyawan dari tim mobil listrik ini kemungkinan akan dipindahkan ke divisi kecerdasan buatan yang memfokuskan pada proyek AI generatif, yang semakin jadi prioritas utama perusahaan yang berpusat di Cupertino, California, AS itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])