Tiga Fitur Ponsel Yang Jarang Diketahui

Nusantaratv.com - 28/11/2022 16:20

Fitur haptic feedback pada ponsel Samsung. (ANTARA/HO-Samsung Electronics Indonesia)
Fitur haptic feedback pada ponsel Samsung. (ANTARA/HO-Samsung Electronics Indonesia)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Ponsel pintar memiliki segudang fitur yang bisa mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur.

Meski pun begitu, setidaknya ada tiga fitur tersembunyi yang mungkin belum diketahui banyak pengguna. Padahal fitur-fitur itu bisa menambah kenyamanan memakai gawai.

Samsung dalam siaran pers, Senin, melaporkan terdapat tiga fitur tersembunyi yang perlu diketahui pengguna supaya pengalaman menggunakan ponsel semakin maksimal.

1. Side key
Setiap momen adalah kesempatan berharga untuk diabadikan. Untuk menangkap momen itu, pengguna seringkali harus bergerak cepat. Tombol daya (power) memiliki fungsi selain untuk menyalakan dan mematikan ponsel, yaitu side key.

Klik dua kali tombol daya, perangkat akan langsung membuka kamera. Fitur side key itu bisa digunakan bahkan dalam kondisi ponsel terkunci sekalipun.

Fitur side key bisa dinyalakan melalui pengaturan (setting), pilih advanced features, kemudian side key. Nyalakan fitur "double press" dan pilih "quick launch camera" supaya ponsel membuka kamera ketika pengguna memencet dua kali tombol daya.

2. Restart berkala
Ingin mabar dengan teman-teman? Mulai ulang (restart) ponsel secara berkala supaya performa ponsel terjaga dan tidak melambat "lag".

Ponsel memiliki fitur auto restart, ponsel secara otomatis akan melakukan restart pada jam yang sudah diatur. Kunjungi pengaturan baterai (battery and device care) pada pengaturan ponsel.

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih "automation". Pilih "auto restart at set times" dan atur waktu restart otomatis pada jam yang diinginkan.

3. Haptic feedback
Banyak sekali aktivitas sehari-hari yang bisa dibantu dengan keberadaan ponsel. Maka itu, penting sekali gawai terus menyala selama jam-jam produktif.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menghemat daya ponsel adalah dengan mematikan haptic feedback, yaitu getaran yang muncul ketika menyentuh layar ponsel, terutama ketika sedang mengetik.

Mematikan haptic feedback akan membantu menghemat daya karena ponsel tidak perlu menjalankan fungsi tambahan ketika menggunakan ponsel.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in