Tidak Dipedulikan, Ternyata Cicak Kering Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Nusantaratv.com - 09/08/2022 08:15

Cicak Kering (wowkeren.com)
Cicak Kering (wowkeren.com)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com – Cicak merupakan salah satu jenis binatang yang lumrah ditemukan di setiap rumah bahkan selain suaranya yang khas, cicak biasanya tidak terlalu diperdulikan keberadaannya. 

Sebagian orang mungkin merasa geli, jijik, atau bahkan takut dengan cicak. Apalagi cicak memiliki kemampuan memotong ekornya sendiri, yang kian membuat sebagian orang bergidik ngeri. Tapi, siapa sangka cicak ternyata punya manfaat kesehatan, terutama cicak yang sudah dikeringkan. Manfaat cicak yang kering ini juga beragam, bahkan diyakini bisa menyembuhkan kanker.

Di China cicak kering dipergunakan untuk ramuan obat tradisional. Tapi, ternyata bukan cuma China, di Indonesia cicak yang kering juga telah dibudidayakan dan diperjualbelikan. “Di awal tahun 2021 Karantina Pertanian Medan kembali mengekspor cicak Kering sebanyak 425 kg dengan nilai ekspor Rp. 127.500.000 dengan tujuan Hongkong,” kata Rifky Danial Sub Koordinator Karantina Hewan beberapa waktu lalu dilansir dari website resmi BKP2 Medan.

Proses pembuatan cicak yang kering sendiri terbilang mudah. Sebelum siap untuk dikemas dan diekspor, cicak-cicak basah yang didapat produsen pertama-tama dicuci agar tidak ada kotoran yang menempel.

Setelah dicuci cicak-cicak itu akan ditata di sebuah wadah khusus, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga setengah mengering. Kemudian dimasukkan ke oven, setelah itu baru dikemas. Jadi, apa saja manfaat cicak yang kering ini sampai menjadi salah satu komoditas ekspor?

Cicak Kering (detik.com)

 

Manfaat Ampuh Cicak Kering Untuk Kesehatan:

Mengobati asma
Mengobati asma dengan cicak yang kering sudah dilakukan sejak dulu, sehingga hal ini sudah menjadi tradisi yang diturunkan secara turun temurun.

Mengatasi penyakit kulit
Cicak memang dianggap hewan yang menjijikkan, karena memiliki bentuk kulit yang sangat aneh. Namun selain menjijikkan, masyarakat Tionghoa telah memanfaatkan dagingnya sebagai media pengobatan penyakit kulit seperti gatal-gatal akibat alergi.

Mengatasi wasir
Mengonsumsi daging cicak putih kering dapat mengobati wasir. Banyak daerah di China telah menggunakan daging cicak putih kering untuk mengobati penyakit ambeien ini. Sehingga penderita penyakit ini bisa sembuh dengan optimal.

Perlancar sistem pencernaan
Mengobati dan juga melancarkan sistem pencernaan tentunya sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Tionghoa. Karena sebagian besar obat tradisional yang mampu melancarkan sistem pencernaan terbuat dari daging cicak kering.

Mampu mengobati kanker
Banyak penelitian yang mengatakan bahwa daging cicak putih mampu mengobati kanker. Ini karena daging cicak putih kering banyak mengandung protein. Protein tinggi dalam daging cicak kering dipercaya mampu meregenerasi atau memulihkan sel-sel yang rusak akibat kanker atau efeknya setelah terapi. Sel-sel yang rusak perlahan akan pulih, sehingga penderita kanker akan sembuh. Karena itulah mengonsumsi suplemen berbahan dasar daging cicak putih kering mampu mengobati dan juga mencegah kanker.

Sumber: Djawanews.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in