Terungkap, Ini Sosok Istri Kim Jong-un

Nusantaratv.com - 10 Januari 2022

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol-ju. (Reuters)
Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol-ju. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sosok Ri Sol-ju, istri pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un akhirnya terungkap ke publik.

Ri Sol-ju ternyata merupakan pemandu sorak yang kompetitif. Selain itu, dia juga seorang penyanyi yang berasal dari keluarga terpandang, sebelum akhirnya menikah dengan Kim Jong-un.

Ri Sol-ju bahkan sempat datang ke Korea Selatan (Korsel) sebagai bagian tim pemandu sorak Korut untuk Kejuaraan Atletik Asia pada 2005, lapor CNN, seperti dikutip dari Daily Star, Senin (10/1/2022).

Rupanya, dia juga merupakan bagian dari tim Olimpiade Pemandu Sorak Korut. Ketika itu usia Ri Sol-ju masih 20 tahunan. Dia yang saat ini berusia sekitar 30 tahunan, diyakini telah memiliki tiga anak dengan Kim Jong-un. Ri Sol-ju juga merupakan mantan penyanyi sebelum dinikahi Kim Jong-un.

Hal ini terungkap setelah Kim Jong-un merayakan ulang tahun ke-38, dan 10 tahun kekuasaannya di negara tersebut. Selain itu, Ri Sol-ju ternyata sempat ke China untuk belajar menyanyi, dan menjadi bagian dari Unhasu Orkestra, kelompok orchestra pupuler yang menyanyikan lagu tradisional Korea.

Bahkan rumornya Ri Sol-ju mendapat perhatian Kim Jong-un saat tengah melakukan konser. Namun, seperti dilaporkan The Sun, sejak menikah, pejabat Korut berusaha untuk menghapus masa lalu Ri Sol-ju sebagai penyanyi dengan menyita CD bajakan dari penampilannya.

Ri Sol-ju juga diyakini berasal dari Chongjin, di Provinsi Hamgyong Utara, Korut. Sedangkan ibunya dikabarkan sebagai seorang ginekolog dan ayahnya seorang profesor. Kim Jong-un dan Ri Sol-ju dikabarkan telah menikah pada 2009. Namun, kemunculan pertamanya sebagai Ibu Negara Korut baru terjadi pada 2012.

Ketika itu, dia menyebabkan kegemparan dengan memakai pakaian dengan gaya khas barat dengan mengenakan sepatu peep toes, tas Dior, dan potongan rambut pendek. Terakhir kali Ri Sol-ju muncul di depan publik pada 2020, dan tak pernah lagi muncul.

Hal itu kemudian memunculkan spekulasi mengenai kesehatan Ri Sol-ju. Tak hanya itu, muncul juga rumor mengenai kematian, kehamilan, bahkan dan dia telah ditinggilkan Kim Jong-un.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])