Terobos Banjir Bisa Bantu Bersihkan Kolong Mobil, Mitos atau Fakta?

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Mitos terobos banjir bantu bersihkan kolong mobil/ Hyundai Mobil Indonesia
Mitos terobos banjir bantu bersihkan kolong mobil/ Hyundai Mobil Indonesia

Penulis: Muslimin

Nusantaratv.com - Ketika memasuki musim penghujan, banyak pengguna mobil yang sengaja menerobos area banjir yang tidak terlalu dalam.

Namun ada juga pengendara yang menerobos area banjir yang kedalamannya pas dengan ground clearance mobil.

Pengemudi sengaja mengambil rute yang tergenang. Hal ini dilakukan karena menerobos air dirasa membantu untuk membersihkan kolong mobil.

Lantas apakah anggapan tersebut mitos atau fakta mengenai menerobos air dapat membantu membersihkan kolong mobil.

Ketika dihadapkan dengan genangan air ada baiknya tidak dilewati, apalagi jika alasan utamanya adalah untuk membersihkan kolong mobil

Dikutip dari laman Hyundai Mobil Indonesia pada Kamis (18/4/2024), genangan air seperti banjir bukanlah air yang bersih.

"Genangan air seringkali mengandung berbagai kotoran serta sedimen yang kurang baik untuk mobil, misalnya banyak pasir dan tanah meskipun seringkali kotoran tersebut tidak kasat mata," tulis Hyundai.

Jika pengendara nekat untuk menerabas genangan yang kotor tersebut, justru bisa jadi malah membuat area kolong mobil semakin kotor.

Kemudian endapan seperti tanah dan pasir bisa saja nyangkut di area kolong mobil dan komponen suspensi.

"Kotoran ini tentu bisa saja mempengaruhi ketahanan suspensi hingga berpotensi menyebabkan karat meskipun tidak terlalu signifikan," jelasnya.

Oleh karena itu mencuci kolong mobil dengan melewati genangan air seperti banjir bisa dikatakan mitos. Bukannya membantu membersihkan mobil, hal ini justru berpotensi membuat mobil semakin kotor dan bahkan merusak mobil.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])