Ternyata Shin Tae-yong Pernah Belajar Budaya Islam

Nusantaratv.com - 07 Januari 2022

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Sebelum diresmikan menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 29 Desember 2019 lalu, Shin Tae-yong sempat mengunjungi Korean Cultural Center yang terletak di Jakarta.

Disana, juru taktik asal Korea Selatan itu mendengarkan ceramah dari pakar budaya Islam. Sejumlah pertanyaan juga dilontarkan Shin Tae-yong kepada sang penceramah.

"Pelatih Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 8 Desember 2019. Fokusnya untuk memahami budaya dan karakter islami pemain-pemain Indonesia," media Korea Selatan, Yonhap News Agency.

"Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam," sambungnya.

"Pelatih Shin mengajukan sejumlah pertanyaan ‘Apakah pemain Iran berpuasa selama Ramadhan? Benarkah diizinkan jika hanya salat dua kali dari lima waktu’," tanya Shin Tae-yong.

Saat diwawancarai oleh media Korea Selatan lainnya, Sportal Korea, Shin Tae-yong pun mengaku dirinya telah mempelajari budaya Islam.

Hal itu tak lepas agar Shin Tae-yong dapat membuat program latihan yang ideal dan tak mengganggu ibadah para pemain Timnas yang mayoritas beragama islam.

"Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam," kata Shin Tae-yong dikutip Sportalkorea, Jumat (7/1/2022).

"Saya belajar soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka," ujarnya.

"Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan," pungkas juru taktik 51 tahun tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])