Termasuk Soekarno, Risma Kunjungi Keluarga Pahlawan di Uang Emisi 2016

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Mensos Risma bersama ahli waris Soekarno dan perwakilan BI.
Mensos Risma bersama ahli waris Soekarno dan perwakilan BI.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi ahli waris keluarga Presiden Pertama RI Soekarno, Guntur Soekarno Putra, di kediamannya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (8/10/2021). Ini dilakukan terkait penggunaan foto Bung Karno, untuk uang Rupiah tahun emisi terbaru.

Sebelum keluarga Bung Karno, Risma mengunjungi ahli waris keluarga Wakil Presiden Pertama RI Mohammad Hatta atau Bung Hatta, Meutia Hatta.

"Saya, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia saat ini memohon kepada keluarga Bung Karno dan Bung Hatta untuk diizinkan agar pemerintah menggunakan foto-foto yang akan dipakai di uang baru," ujar Risma di kediaman Guntur.

Sementara Guntur yang didampingi istri dan putrinya, Puti Guntur Soekarno Putri, menilai apa yang dilakukan Risma merupakan kegiatan yang sangat positif. Sebab merupakan salah satu cara membangun karakter dan jati diri bangsa.

"Sangat positif untuk pendidikan character building. Pendidikan budi pekerti, indoktrinasi nasional, character building itu dilaksanakan pemerintah," kata Guntur.

Dalam kesempatan itu, Risma didampingi Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto yang membawahi Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial.

Di samping Soekarno serta Mohammad Hatta, ada enam ahli waris yang diminta persetujuannya untuk pengeluaran Rupiah tahun terbaru, yaitu Raden Djuanda Kartawidjaja, Cut Meutia, Mohammad Husni Thamrin, KH Idham Chalid, Frans Kaesiepo, GSSJ Ratulangi. Seluruh gambar para pahlawan nasional ini sebelumnya telah terpampang dalam uang tahun emisi 2016, hingga sekarang. 

Turut hadir dalam pertemuan Asisten Gubernur Bank Indonesia Dwi Pranoto, Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Immaduddin Sahabat, Kasubdit Optimalisasi Kas Direktorat Pengelolaan Negara Kementerian Keuangan RI Moch Abdul Kobir.

Kunjungan ini kemudian dilanjutkan Dirjen Pemberdayaan Sosial ke kediaman Ibu Noorwati Djuanda, anak dari Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja di Cilandak Jakarta Selatan, lalu kediaman Ibu Dr. Matulanda Ratulangi Sugandi anak dari Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi di Pondok Indah Jakarta Selatan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])