Terdampak Corona, 230 Ribu Warga AS Ajukan Tunjangan Pengangguran

Nusantaratv.com - 14 Januari 2022

Ilustrasi pengajuan tunjangan pengangguran. (Net)
Ilustrasi pengajuan tunjangan pengangguran. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ribuan pegawai menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Ada pula yang dirumahkan karena tempat mereka bekerja tak lagi beroperasi akibat pandemi Covid-19. 

Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada Kamis (13/1/2022) sebanyak 230.000 orang mengajukan tunjangan pengangguran. Angka itu naik 23.000 dari pekan sebelumnya, namun masih di bawah 256.000 yang dicatat pada pertengahan Maret 2020, ketika virus corona pertama kali merebak di Amerika Serikat (AS) dan para pengusaha mulai melakukan PHK terhadap ratusan ribu pegawainya.

Seperti dilaporkan VOA News, Kamis (13/1/2022), sebagian besar pengusaha mempertahankan pegawai mereka dan mencari lebih banyak pegawai karena AS melanjutkan pemulihan ekonomi yang cepat dari pandemi Covid-19. 

Tingkat pengangguran turun pada Desember menjadi 3,9 persen, sedikit di atas tingkat terendah dalam 50 tahun sebesar 3,5 persen yang tercatat sebelum pandemi mengacaukan negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu. Banyak pengusaha kini mencari lebih banyak pekerja, kendati sekitar 6,9 juta pekerja yang tersedia, tetap menganggur di AS.

Pada akhir November, terdapat 10,4 juta lowongan pekerjaan di AS, tetapi keterampilan yang dibutuhkan sering tidak sesuai dengan keinginan pengusaha, atau pekerjaan itu tidak sesuai dengan tempat tinggal para pencari kerja. Selain itu, banyak pekerjaan yang tersedia itu adalah pekerjaan berupah rendah yang tidak diminati oleh para pencari kerja.

Pengusaha AS hanya mengisi 199.000 pekerjaan baru pada Desember lalu, angka yang lebih rendah dari perkiraan. Namun total keseluruhan, 6,3 juta lapangan pekerjaan pada 2021 dalam pemulihan ekonomi yang jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])