Teleponan Bareng Luhut, Elon Musk Janji Pasang Internet di IKN

Nusantaratv.com - 08 Februari 2024

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu Elon Musk di AS.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu Elon Musk di AS.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku baru saja teleponan dengan salah satu orang terkaya di dunia yang merupakan CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, Jumat (2/2/2024) lalu.

Luhut mengungkapkan komunikasi terakhir dengan Musk membicarakan soal rencana pemasangan jaringan internet Starlink milik SpaceX di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Musk, kata Luhut berjanji memasang jaringan internet di ibu kota baru Indonesia tersebut. 

"Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai ya persyaratannya, dia akan ke IKN," ujar Luhut di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).

Menurut Luhut, Musk dkk bakal datang ke RI usai persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beres. Seminggu setelahnya, Luhut dan jajaran akan mengeluarkan surat izin layak operasi (SILO) kepada SpaceX.

Lima hari usai SILO terbit, kata Luhut Elon Musk Cs bisa datang ke Tanah Air.

Layanan internet dari Starlink ini nantinya akan digunakan untuk mendukung operasional fasilitas kesehatan di sekitar IKN. 

"Begitu dia datang, kita sudah usul datang ke IKN, katanya dia mau launching di IKN dan puskesmas dekat IKN," jelas Luhut.

"Karena Presiden (Joko Widodo) minta, kenapa Starlink ini supaya puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau komunikasi, dengan Starlink bisa terjangkau. Sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])