Tanggapi Polemik Gus Yaqut, Gus Hasan: Hanya Ingin Memotivasi Santri

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2021

Salah satu Pengasuh Ponpes Al Falah Tinggarjaya, KH. Maulana Hasan MPd
Salah satu Pengasuh Ponpes Al Falah Tinggarjaya, KH. Maulana Hasan MPd

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Salah satu Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Tinggarjaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, KH. Maulana Hasan MPd mengajak semua pihak untuk tidak membesar-besarkan polemik seputar pernyataan Kemenag hadiah negara kepada Nahdhatul Ulama (NU) yang dilontarkan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Terlebih, Gus Yaqut telah memberikan klarifikasi bahwa pernyataan itu hanya untuk konsumsi internal dan bertujuan untuk memotivasi para santri dan kalangan pesantren.

"Sebenarnya apa yang disampaikan ketika sudah dipertegas bahwa itu koridornya hanya untuk internal warga NU, (yang tujuannya) memberikan motivasi pada santri-santri itu sah-sah saja," kata KH. Maulana Hasan MPd atau yang akrab disapa Gus Hasan kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Setelah ada klarifikasi tersebut, Gus Hasan pun mengajak semua pihak untuk menahan diri dan tidak membuat suasana menjadi panas.

Gus Hasan memandang, Kemenag di era Gus Yaqut telah hadir dan memberi ruang untuk semua golongan dan agama. Jadi, bukan hanya diperuntukan untuk NU saja.

"Kenyataan di lapangan, masa kementerian gus yaqut di kemenag ini kan tetap memberikan porsi yang sewajarnya kepada seluruh agama. Bukan hanya NU, Muhammadiyah saja. Tetapi seluruh agama berada dalam kordinasi dan komando kemenag tetap diberi ruang dan porsi dan juga diberi jabatan sesuai dengan tupoksi undang-undang yang ada," katanya.

"Jadi menurut saya polemik ini tidak perlu diperpanjang, berlebihan apalagi seperti saling menyerang itu tidak baik. Bagaimana pun negara ini harus memberikan nyaman kepada seluruh warganya juga mengayomi terhadap seluruh lapisan masyarakat. Baik agama islam maupun agama yang lain yang sah di negara ini," sambung Gus Hasan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])