Tampilkan Gebyar Nusantara dan Tongkat Panaluan, Tim Tari Universitas Muhammadiyah Sumut Juara di Italia

Nusantaratv.com - 18 Januari 2022

Tim Tari UKM UMSU juara di Italia. (Foto: Dok UMSU)/ist
Tim Tari UKM UMSU juara di Italia. (Foto: Dok UMSU)/ist

Penulis: Ramses Manurung

Medan, Nusantaratv.com-Tim Tari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses meraih juara 1 kategori Folklore Dance di Festival Sopravita Olympic Art Games Internasional di Italia.

Menampilkan dua tarian tradisional berjudul Gebyar Nusantara dan Tongkat Panaluan yang dikemas secara modern, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Seni dan Budaya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil mengungguli para pesaingnya Austria, Malaysia hingga Malta. Austria harus puas menempati urutan kedua, Malaysia ketiga dan Malta sebagai juara harapan. 

Pengumuman pemenang festival tari internasional yang diikuti banyak universitas dunia itu diterima, Sabtu (15/1/2022). 

Sopravita Olympic Art Games Internasional Italy merupakan organisasi Italia yang berkeunggulan dan berspesialisasi dalam realisasi Festival Seni Internasional ternama di Italia.

Festival ini digelar secara daring sejak 1 Desember 2021-7 Januari 2022. UKM Tari UMSU menarik perhatian juri internasional dengan menampilkan tarian tradisional dengan sentuhan modern yang dikemas secara apik.

Ketua UKM Tari dalam festival di Italia, Anugrah Senja Sari Nasution mengatakan timnya telah mempersiapkan diri sejak November lalu. Didampingi Dharma Ari Prianto sebagai pembina, UKM Tari secara intens melakukan latihan.

Rektor UMSU, Prof Dr Agussani, MAP mengucapkan selamat atas prestasi internasional yang berhasil diraih Tim UKM Tari UMSU. 

“Selamat UKM Tari berhasil menjadi juara 1 Folklore Dance di Itali dan telah mengharumkan nama UMSU di dunia internasional,” ujar Prof Dr Agussani, MAP.

Prof Dr Agussani, MAP mengaku senang dan bangga, karena UKM Tari telah membawa harum nama UMSU, Sumatera Utara dan Indonesia.

Baca juga: Lomba Stand Up Comedy Kritik MPR Empat Pilar Kembali Digelar 

Menurut Prof Dr Agussani, MAP keberhasilan ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa tarian daerah di Indonesia tidak kalah dengan seni dan budaya di negara lain. 

"Bukan hanya prestasi, tapi yang paling membanggakan juga kita mampu memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia di tingkat internasional," katanya, mengutip okezonecom, Selasa (18/1/2022).

Rektor mengungkapkan prestasi internasional UKM Tari ini menjadi kebanggaan sekaligus motivasi bagi para mahasiswa untuk bisa ikut dalam kompetisi internasional. 

"Prestasi yang diraih ini bisa jadi motivasi bagi mahasiswa lainnya," tegasnya.

Namun ia mengingatkan para mahasiswa yang tergabung dalam UKM Tari ini jangan cepat merasa puas. Sebaliknya, prestasi yang diraih menjadi motivasi tersendiri untuk lebih giat berlatih ke depannya.

Hal senada disampaikan Pembina UKM Tari, Ari Prianto. 

“Alhamdulillah gak nyangka bisa juara 1 di kompetisi Internasional ini," katanya.

Sementara itu, Ketua UKM Tari, Anugrah Senja Sari Nasution merasa sangat bersyukur atas pencapaian ini. 

"Alhamdulillah pastinya senang kali ya mendapatkan juara 1 dari 31 negara sekaligus mewakili Indonesia," pungkas Anugrah.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])