Tahun Depan, Lexus Korea Siap Luncurkan Kendaraan Listrik Murni Pertama

Nusantaratv.com - 21 Juni 2022

Lexus Korea menampilkan SUV all-electric RZ 450e. (Yonhap)
Lexus Korea menampilkan SUV all-electric RZ 450e. (Yonhap)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Lexus Korea mengatakan bakal meluncurkan kendaraan listrik murni khusus pertama, yakni RZ 450e, pada tahun depan.

Ini sebagai bagian dari rencana perusahaan untuk menggunakan kendaraan sepenuhnya listrik pada 2035. Lexus berencana memperkenalkan SUV (Sport Utility Vehicle) berukuran besar RZ 450e yang dilengkapi dengan platform khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yang dikembangkan oleh Toyota Motor Corp., di pasar Korea pada 2023, kata seorang pejabat perusahaan.

Produsen mobil Jepang itu awalnya akan meluncurkan model RZ 450e di Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun ini, kata pejabat itu di sela-sela acara uji coba media yang diadakan di Pulau Jeju.

"Kami akan secara bertahap meluncurkan model nol-emisi kami di pasar kendaraan listrik utama lainnya, yang meliputi Eropa dan China, sejalan dengan tren elektrifikasi global," ujarnya, seperti dilaporkan Yonhap, Senin (20/6/2022).

Pekan lalu, Lexus memperkenalkan SUV kompak UX300e, versi elektrifikasi dari model hybrid bensin UX, dan NX450h+, versi plug-in dari SUV hybrid bensin NX, untuk mendongkrak penjualan di negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia itu.

Lexus UX 300e dilengkapi dengan baterai lithium-ion 54,35 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 233 kilometer dengan sekali pengisian daya. Dibutuhkan sekitar 80 menit untuk mengisi penuh.

Toyota Motor dan Lexus akan memperkenalkan 30 model BEV gabungan di pasar global pada 2030 dan menargetkan menjual total 3,5 juta unit BEV pada tahun yang sama. Secara khusus, Lexus menargetkan untuk menjual 1 juta BEV pada 2030 dan mengganti sebagian besar kendaraannya dengan BEV pada 2035.

Saat ini, 98 persen kendaraan Lexus dan 93 persen model Toyota yang dijual secara global adalah model hibrida bensin. Di sisi lain, Toyota Motor berencana meluncurkan SUV all-electric bZ4X di pasar Korea pada akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])