Swedia Tangkap Dua Wanita Terkait ISIS

Nusantaratv.com - 07 September 2021

Ilustrasi wanita yang terlibat ISIS. (Net)
Ilustrasi wanita yang terlibat ISIS. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Polisi Swedia pada Senin (6/9/2021) mengatakan mereka telah menangkap dua wanita terkait dengan ISIS setelah mereka terbang kembali dari Suriah.

Media melaporkan salah seorang di antaranya sedang diselidiki karena kejahatan perang, seperti dikutip dari AFP, Selasa (7/9/2021).

Juru bicara kepolisian Stockholm Ola Osterling mengatakan jaksa yang memimpin penyelidikan terhadap kedua wanita itu telah memerintahkan penangkapan mereka.

"Kami mengeksekusi keputusan itu ketika pesawat tiba di Stockholm pada sore hari," kata Osterling kepada AFP

Dia menambahkan sebelumnya seorang wanita ketiga telah diinterogasi.

Sebuah pernyataan dari pihak jaksa penuntut pada Senin (6/9/2021) mengatakan beberapa penyelidikan sedang dilakukan terhadap pria dan wanita yang kembali dari daerah yang telah dikendalikan oleh ISIS.

"Kejahatan internasional yang relevan bagi orang-orang yang kembali dari wilayah yang dikuasai ISIS adalah kejahatan perang, genosida, dan kejahatan terhadap kemanusiaan," beber jaksa penuntut umum Reena Devgun dalam pernyataannya.

"Swedia memiliki komitmen internasional untuk menyelidiki dan menuntut kejahatan ini," lanjutnya.

Kejaksaan menambahkan pihaknya tidak dapat memberikan komentar mengenai kasus-kasus itu secara individu atau jumlah investigasi yang sedang berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])