Sudah Terima Dua Dosis Vaksin Ditambah Booster, Menteri Pertahanan AS Positif Covid-19

Nusantaratv.com - 03 Januari 2022

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. (Net)
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (2/1/2022) dengan gejala ringan.

Namun, dia mengungkapkan akan tetap bekerja selama menjalani karantina lima hari di rumah, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (3/1/2022).

Austin, yang telah divaksin lengkap dan telah menerima vaksin penguat (booster) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu (2/1/2022), dia terakhir bertemu Presiden Joe Biden pada 21 Desember, lebih dari sepekan sebelum dia mulai mengalami gejala.

"Seperti yang dijelaskan dokter saya, status saya yang divaksin penuh dan booster yang saya terima pada awal Oktober telah membuat infeksi jauh lebih ringan daripada yang seharusnya," kata Austin.

Austin mengatakan dia meminta tes sebelumnya pada Minggu (2/1/2022) setelah mengalami gejala saat berlibur di rumah. Dia merupakan salah satu anggota paling senior dalam pemerintahan Presiden Biden yang dites positif Covid-19.

Pada Oktober, Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas dinyatakan positif terpapa virus mematikan tersebut. Kabar mengenai Austin yang terinfeksi Covid-19 muncul ketika Pentagon pekan lalu memperketat pembatasan di kantor pusatnya karena kekhawatiran tentang varian Omicron yang sangat menular, yang telah menyebabkan peningkatan tajam kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Militer dihadapkan pada tantangan untuk menjaga kesiapan militer untuk pasukan, seringkali dalam jarak dekat di kapal dan pesawat. Austin mengatakan, jika dia berencana menghadiri pertemuan secara virtual jika memungkinkan dan dia akan mempertahankan seluruh kewenangannya.

Dia menambahkan jika wakilnya, Kathleen Hicks, akan mewakilinya dalam beberapa hal. "Saya terus mendorong semua orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan booster. Ini tetap soal kemauan," ucap Austin.

Diketahui, sekitar 98 persen pasukan tugas aktif telah menerima vaksin Covid-19, yang sekarang wajib bagi mereka. Otoritas AS mencatat setidaknya 346.869 kasus virus corona baru pada Sabtu (1/1/2022), menurut penghitungan Reuters. Jumlah kematian akibat Covid-19 di AS naik setidaknya 377 menjadi 828.562.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])