Studi: Selebriti Sering Promosikan Junk Food di Media Sosial

Nusantaratv.com - 14 Januari 2022

Ilustrasi. (Rawpixel/Pixabay)
Ilustrasi. (Rawpixel/Pixabay)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Foto orang makan dan minum seringkali memenuhi postingan media sosial (medsos). Penelitian terbaru menemukan postingan seperti berasal dari selebriti yang sering mempromosikan junk food.

Terkadang keuntungan tidak selalu menjadi alasan mengapa para selebriti mempromiskan junk food di medsos. Dimana peneliti menemukan selebriti sering mempromosikan makanan favorit yang tidak sehat tanpa dibayar.

"Sembilan puluh lima persen foto yang berisi makanan dan minuman di profil Instagram selebriti sebenarnya tidak disponsori oleh perusahaan makanan atau minuman," kata penulis utama studi Bradley Turnwald. 

"Mereka adalah penggambaran alami dari selebriti yang makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari mereka," lanjutnya, seperti dikutip dari UPI, Jumat (14/1/2022).

Selebriti, kata Turnwald, ada dalam masyarakat yang menghargai dan menormalkan konsumsi makanan dan alkohol yang tidak sehat, sama halnya seperti kita semua.

"Mereka memiliki hak untuk memposting apa pun yang mereka inginkan secara online," tambah Turnwald, seorang ilmuwan perilaku di University of Chicago Booth School of Business.

Namun, mereka sering diidolakan. "Hanya mengikuti selebriti di media sosial mengekspos pengikut ke profil makanan dan minuman yang tidak sehat," imbuhnya.

Di tengah epidemi obesitas, hal itu menjadi sebuah bencana. "Bencana yang tidak dapat dengan mudah diselesaikan hanya dengan melarang iklan atau sponsor makanan di media sosial, mengingat sebagian besar posting semacam itu tidak melibatkan keduanya," jelasnya.

Untuk penelitian ini, para peneliti melacak semua postingan terkait makanan dan minuman yang dibuat sekitar 181 atlet, aktor, tokoh TV, dan musisi di Instagram antara Mei 2019 dan Maret 2020. 

Usia para selebriti ini berkisar antara 17 hingga 73 tahun, dengan setengahnya lebih muda dari 32 tahun. Lebih dari 3.000 posting selebriti terkait makanan, berisi hampir 5.200 makanan dan minuman yang berbeda. Lebih dari setengahnya hanya berisi minuman, dengan lebih dari setengahnya mengandung alkohol. Sedikit lebih dari sepertiga menampilkan makanan ringan atau manisan.

Profil nutrisi disusun untuk semua makanan dan minuman yang ditemukan, dengan perhatian khusus diberikan pada gula, garam, kalori, lemak jenuh, serat, protein, dan kandungan buah atau sayuran.

Hasilnya, hampir 90 persen postingan makanan dan minuman selebriti sangat tidak sehat sehingga pada dasarnya ilegal di bawah peraturan periklanan terkait pemuda Inggris saat ini, menurut para peneliti. 

Di mana kurang dari 5 persen dari semua postingan terkait makanan atau minuman ditautkan kembali ke sponsor berbayar oleh produsen makanan atau minuman. Para peneliti juga mengamati postingan selebriti yang menampilkan pilihan makanan yang relatif sehat secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menerima 'suka' atau komentar dari pengikut.

"Jadi sejauh selebriti ingin mempromosikan keterlibatan pengikut, makanan yang kurang sehat menghasilkan keterlibatan pengikut yang lebih besar, memberikan insentif tambahan bagi selebriti untuk memposting makanan yang kurang sehat," terang Turnwald.

Temuan itu dipublikasikan pada Rabu (12/1/2022) di JAMA Network Open. Temuan ini tidak mengejutkan Dr. Ellen Selkie, penulis editorial dan asisten profesor kedokteran remaja di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin.

"Ini mencerminkan budaya yang mengangkat makanan tinggi gula dan lemak dengan membuatnya menarik secara visual," kata Selkie. 

"Karena Instagram adalah platform visual, masuk akal jika selebriti memposting foto makanan yang menarik secara visual," bebernya.

Namun, kata dia, postingan makanan selebriti yang 'asli' mungkin berbeda daripada yang terlihat. "Mengingat pada kenyataannya, sebagian besar selebriti cenderung makan lebih banyak makanan sehat, (termasuk) buah dan sayuran, daripada yang mereka posting," tambah Selkie.

Ada satu solusi yang mungkin, kata Selkie. Itu akan mendorong platform media sosial untuk merangkul algoritme yang mendukung posting makanan yang lebih bergizi dengan memberi mereka profil yang lebih tinggi daripada posting gizi buruk. "Ini mungkin mendorong selebriti untuk memposting lebih banyak konten jenis ini," jelasnya.

Tetapi ahli makanan dan nutrisi lain memiliki rekomendasi yang lebih sederhana. "Jangan mendapatkan saran nutrisi dari selebriti atau atlet," saran Lona Sandon, asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas.

Sandon, yang bukan bagian dari penelitian, mencatat apa yang dilihat orang di media memengaruhi keputusan dan keyakinan mereka seputar makanan atau perilaku diet tertentu. "Selebriti dan atlet bisa menjadi panutan yang sangat kuat, terutama bagi remaja muda," urainya.

Menunjuk ke "Punya Susu?" yang merupakan kampanye populer, Sandon mengatakan itu menampilkan pesan media yang kuat yang bertujuan untuk membuat anak-anak dan remaja minum lebih banyak susu.

"Akan menyenangkan melihat lebih banyak hal semacam ini. Kampanye 'Dapat Buah' mungkin," cetusnya.

Dan meskipun akan membantu untuk melihat lebih banyak selebriti memposting tentang cara makan yang lebih sehat, itu bukan keahlian atau pekerjaan mereka, Sandon mengakui. "Jika Anda menginginkan saran nutrisi yang baik, ikuti salah satu dari banyak ahli gizi terdaftar, atau ahli nutrisi di media sosial," saran Sandon.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])