Studi: Satu dari Tiga Pasien Mengalami Gejala Long Covid-19

Nusantaratv.com - 20 September 2021

Gejala long Covid-19 banyak ditemukan pada perempuan. (Alodokter)
Gejala long Covid-19 banyak ditemukan pada perempuan. (Alodokter)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Studi terbaru yang diterbitkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengungkapkan sekitar satu dari tiga orang yang terinfeksi Covid-19, melaporkan jika mereka masih mengalami gejala-gejala Covid-19 dua bulan setelah dinyatakan positif.

Dilansir dari VOA News, Senin (20/9/2021), penelitian yang dilakukan di Long Beach, California, AS, menemukan sepertiga dari mereka yang dites positif Covid-19 melaporkan setidaknya satu gejala penyakit itu sekitar empat pekan atau lebih setelah diketahui positif.

CDC melaporkan, berdasarkan penelitian tersebut jumlah penderita yang mengalami gejala long Covid-19 banyak ditemukan pada perempuan, kelompok orang kulit hitam, orang yang berusia 40 tahun ke atas, dan mereka yang memiliki komorbid.

CDC menggambarkan long Covid-19 dialami oleh para penderita yang terus mengalami gejala setelah empat pekan atau lebih sejak dinyatakan positif terkena penyakit dari virus mematikan tersebut.

Dalam penelitian tersebut, Departemen Kesehatan Long Beach melibatkan 366 orang yang berusia 18 tahun ke atas, yang dipilih secara acak dari dua kelompok tes setelah menerima hasil tes positif antara 1 April dan 10 Desember 2020.

AS memiliki kasus Covid-19 terbanyak di dunia, menurut Pusat Data Virus Corona Johns Hopkins. Tercatat, lebih dari 42 juta orang telah terinfeksi virus corona.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])