Studi: Kendaraan Listrik Tidak Bisa Diandalkan

Nusantaratv.com - 29 November 2021

Ilustrasi kendaraan listrik. (Green Car Reports)
Ilustrasi kendaraan listrik. (Green Car Reports)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Makin tingginya permintaan kendaraan listrik secara otomatis akan membuat industri kendaraan listrik menjadi salah satu yang paling populer.

Namun, studi terbaru yang dilakukan Consumer Report (CR) di Amerika Serikat (AS) menunjukkan jika mobil listrik sama sekali tidak dapat diandalkan. Dikutip dari Hindustan Times, Senin (29/11/2021), studi ini menyebutkan, mobil listrik saat ini justru semakin menjadi sesuatu hal yang kompleks.

CR mengungkapkan kendaraan listrik mendapatkan peningkatan dari sisi teknologi canggih, yang lebih dari sekadar teknologi powertrain-nya. Kendaraan listrik modern hadir dengan sistem infotainment yang kompleks dan fitur teknologi umum.

Sistem infotainment dan fitur teknologi umum ini yang disebut membuat mobil listrik menjadi semakin kompleks. Di sisi lain, kendaraan listrik yang lebih murah cenderung menggunakan teknologi yang relatif lebih tua dan sederhana.

Misalnya, analisis mengatakan kinerja Nissan Leaf EV jauh lebih baik dibandingkan mobil listrik modern dan lebih canggih. Sesuai temuan penelitian, Tesla menempati posisi kedua terakhir dalam peringkat keandalan merek.

Mobil listrik Tesla Model Y diklaim jauh lebih buruk dari keandalan rata-rata dan Tesla Model 3 juga hadir dengan banyak masalah. Studi menunjukkan pada dasarnya mobil listrik terbukti dapat diandalkan seperti biasa, tetapi penambahan teknologi yang lebih baru dan canggih menyebabkan masalah.

Studi ini juga mengklaim jika merek mobil Lexus, Mazda dan Toyota adalah perusahaan kendaraan penumpang yang paling dapat diandalkan. Ketiga produsen mobil ini menawarkan sejumlah model hibrida dan memiliki ketahanan yang kuat terhadap mobil listrik baterai.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])