Studi: Kekurangan Vitamin D Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Usus Besar Pada Wanita Kulit Hitam

Nusantaratv.com - 28 Oktober 2021

Ilustrasi Vitamin D. (Unair News)
Ilustrasi Vitamin D. (Unair News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wanita kulit hitam Amerika serikat (AS) yang kekurangan vitamin D memiliki risiko tinggi terkena kanker usus besar.

Hal itu berdasarkan penelitian terbaru yang menggemakan temuan sebelumnya pada wanita kulit putih, seperti dikutip dari UPI, Kamis (28/10/2021).

Para peneliti menggunakan model prediksi vitamin D untuk hampir 50.000 peserta dalam Black Women's Health Study dan menyimpulkan jika mereka yang memiliki tingkat prediksi di bawah 25 persen memiliki risiko 40 persen lebih tinggi terkena kanker usus besar dibandingkan mereka yang berada di atas 25 persen.

Studi tersebut baru-baru ini dipublikasikan secara online dalam jurnal 'Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. "Temuan kami, digabungkan dengan bukti yang ada jika kadar vitamin D umumnya lebih rendah pada populasi kulit hitam dibandingkan kelompok lain. Ini menunjukkan jika vitamin D yang rendah dapat berkontribusi pada terjadinya kanker kolorektal yang sangat tinggi di antara (orang) kulit hitam," kata penulis studi Julie Palmer dalam rilis berita Universitas Boston.

Baca Juga: Studi: Kerusakan Otak Penderita Covid-19 Serupa dengan yang Disebabkan Stroke

Palmer yang merupakan Direktur Pusat Epidemiologi Slone di Fakultas Kedokteran Universitas Boston dan tim mengatakan penting untuk menentukan apakah ada hubungan orang kulit hitam yang mungkin memiliki peningkatan risiko terkena kanker usus besar dapat meningkatkan kadar vitamin D mereka.

Vitamin D terlibat dalam banyak proses dalam tubuh dan telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Orang kulit hitam cenderung memiliki kadar yang lebih rendah karena sinar matahari adalah sumber utama vitamin D selain mengonsumsi suplemen vitamin, kata para penulis.

Mereka juga mencatat jika orang kulit hitam AS memiliki tingkat risiko dan kematian kanker usus besar tertinggi. Lebih dari 150.000 orang di Negara Paman Sam itu setiap tahun didiagnosis dengan penyakit ini.

Hal ini menjadikan kanker usus besar sebagai kanker paling umum ketiga pada pria dan wanita selain kanker kulit, menurut American Society of Clinical Oncology.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Studi Klinis SANOIN-1711531661
tips-1711444228
Ilustrasi-1710918050