Sri Mulyani Ngobrol Bareng Menkeu Malaysia di AS, Bahas Keuangan Syariah

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati bertemu Menkeu Malaysia Datuk Seri Amir Hamzah di Amerika Serikat/Foto: Dok. Instagram @smindrawati
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati bertemu Menkeu Malaysia Datuk Seri Amir Hamzah di Amerika Serikat/Foto: Dok. Instagram @smindrawati

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menghadiri International Monetary Fund (IMF) Spring Meetings 2024 di Washington, D.C., Amerika Serikat, pada Rabu (17/4/2024).

Pada kesempatan itu Sri Mulyani juga bertemu dan berdialog dengan sejumlah petinggi keuangan dunia. 

Melalui akun Instagramnya Sri Mulyani membagikan momen pertemuan dengan para tokoh keuangan dunia tersebut termasuk Second Minister of Finance Malaysia Datuk Seri Amir Hamzah. 

Sri Mulyani mengatakan hubungan Indonesia-Malaysia selama ini terjalin erat.

"Mulai dari dekatnya jalinan kekerabatan kerja sama ekonomi hingga kolaborasi di bidang kepabeanan dan cukai," ucap Sri Mulyani dikutip Kamis (18/4/2024).

Bendahara Negara itu lantas mengucapkan selamat kepada Datuk Seri Amir yang baru saja dilantik menjadi Menteri Keuangan Malaysia pada Desember 2023.

"Kepada beliau, saya sampaikan selamat atas amanah yang diemban," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengungkap isi perbincangannya dengan Datuk Seri Amir. Mulai dari soal penguatan hubungan bilateral antar kedua negara, khususnya dalam mengarungi masa-masa penuh tantangan di tengah gejolak peningkatan tensi geopolitik. Hingga rencana memperkuat kerjasama Indonesia-Malaysia di bidang keuangan syariah.

"Kita banyak belajar dan bahkan banyak ahli keuangan syariah kita merupakan lulusan Negeri Jiran," ungkapnya.

Sri Mulyani menyampaikan pentingnya kolaborasi dan kerja sama teknis dalam mendukung pesatnya pertumbuhan industri halal.

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antar kedua negara di bidang rekognisi sertifikat halal beberapa waktu lalu, Sri Mulyani berharap sektor perdagangan makanan dan minuman halal Indonesia dan Malaysia bisa semakin meningkat.

Sri Mulyani juga menyatakan mendukung penuh posisi Malaysia yang akan memegang mandat ASEAN Chairmanship 2025.

"Saya pastikan Indonesia akan mendukung penuh dan siap menyukseskan agenda penting tersebut. Dengan kerja sama apik, kita terus kuatkan posisi ASEAN sebagai the bright spot, the shining region..!" pungkas Sri Mulyani.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])