SPBE Provinsi Gorontalo diyakini Tingkatkan Layanan Publik

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Rapat koordinasi terkait persiapan evaluasi SPBE tahun 2023 Provinsi Gorontalo, berlangsung di ruang Poboide Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo. (ANTARA/Susanti Sako)
Rapat koordinasi terkait persiapan evaluasi SPBE tahun 2023 Provinsi Gorontalo, berlangsung di ruang Poboide Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo. (ANTARA/Susanti Sako)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 Provinsi Gorontalo yang akan dilakukan beberapa waktu ke depan, diyakini dapat meningkatkan pelayanan instansi pemerintah kepada publik/masyarakat.

"SPBE pasti meningkatkan layanan publik di Provinsi Gorontalo. Kita perlu meyakini itu, maka evaluasi pun digelar untuk memastikan optimalisasi penerapannya," kata Analis Kebijakan Madya, Asdep SPBE Kementerian PAN-RB, Ugi Cahyo Setiono, di Gorontalo, Jumat.
​​​​​​
Dia berharap penerapan hasil evaluasi itu bukan sekadar formalitas. "Kita melihat bagaimana proses evaluasi, kemudian proses indeks SPBE itu meningkat. Kita harapkan pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh pegawai di instansi juga meningkat," kata Ugi.

Ia menjelaskan, dari hasil evaluasi tersebut, nantinya akan ada rekomendasi, apa-apa yang perlu ditingkatkan.

Menurutnya, instansi tidak perlu takut dengan adanya evaluasi. Karena dengan evaluasi, bisa melihat bagaimana proses penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang diterapkan di setiap instansi.

Dalam 2 tahun terakhir, kondisi indeks SPBE Provinsi Gorontalo berada dalam penilaian CUKUP, dengan skor 2,51 dan 2,48. Sementara pada tahun 2019, nilai indeks SPBE Provinsi Gorontalo berada pada nilai BAIK dengan skor angka 3,51.

Penilaian ini untuk melihat penerapan SPBE yang memang memiliki beberapa unsur termasuk dari kebijakan, tata kelola, proses penerapan manajemen dan audit. Serta layanan-layanan yang dilakukan oleh instansi pemerintah dalam upaya memberikan layanan kepada pengguna baik internal maupun publik.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])