Sosok Pendeta Gilbert Lumoindong yang Singgung Zakat Waktu Khotbah

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Pendeta Gilbert Lumoindong. (Instagram)
Pendeta Gilbert Lumoindong. (Instagram)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pendeta Gilbert Lumoindong adalah seorang penginjil yang dikenal. Ia adalah pendiri dan pendeta dari sebuah gereja di Indonesia.

Namun, kontroversi muncul ketika rekaman video dirinya yang menyinggung soal zakat dan salat dalam agama Islam menjadi viral. Hal tersebut menimbulkan berbagai perbincangan dan tanggapan dari berbagai pihak.

Sosok Gilbert Lumoindong sudah sejak lama terkenal sebagai seorang pendeta. Terlebih saat menjadi pembawa acara Penyegaran Rohani Agama Kristen di salah satu stasiun TV pada tahun 1992 hingga 1997. 

Pada usia 17 tahun, Gilbert Lumoindong mulai aktif sebagai pengkhotbah di beberapa organisasi pemuda Kristen.

Kemudian pada tahun 1990, pendeta Gilbert melanjutkan studi teologi di Institut Teologi dan Pendidikan Indonesia. 

Pendeta Gilbert Lumoindong. (Instagram)

Sebelumnya juga pendeta Gilbert diketahui sempat menjadi jemaat di Gereja Tiberias Indonesia, sebelum akhirnya ia memisahkan diri dan mendirikan GL Ministry pada tahun 1998.

Saat ini dirinya masih aktif sebagai pengkhotbah baik di stasiun TV maupun radio dan memimpin sekitar 18.000 jemaat.

Profil singkat pendeta Gilbert Lumoindong

Nama: Gilbert Emanuel Lumoindong

Tempat tanggal lahir: Jakarta, 26 Desember 1966

Agama: Kristen Protestan

Kebangsaan: Indonesia

Pasangan: Reinda Mamangkey

Jumlah anak: 3

Dikenal sebagai: Gembala Sidang GBI Glow Fellowship Centre
Ketua Departemen Pekabaran Injil Badan Pengurus Pusat Sinode Gereja Bethel Indonesia.

Kontroversi Gilbert Lumoindong

Pada tahun 2019, publik sempat dihebohkan oleh berita bohong bahwa Rizieq Shihab sudah mengislamkan Gilbert Lumoindong melalui foto lawas pertemuan pendeta Gilbert dan Rizieq. Berita ini sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai berita bohong.

Pada tahun 2020, ia sempat memicu kontroversi dari kalangan umat Katolik Roma setelah mengeluarkan pernyataan kepada Paus Fransiskus terkait dukungan Paus mengenai serikat sipil untuk homoseksual.

Pada tahun 2022, ia mendapat peringatan keras dari Badan Pengurus Pusat Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang menaungi gereja tempat ia menjadi gembala dikarenakan, pernyataan kontroversialnya yang seolah menekankan bahwa Brigadir Yosua Hutabarat memang melakukan pelecehan seksual terhadap istri dari Ferdy Sambo. 

Akun media sosial Gilbert Lumoindong

Selain sebagai Gembala Sidang, pendeta Gilbert Lumoindong  juga aktif dalam dunia media sosial, terutama melalui platform YouTube.

Aktivitasnya di YouTube @GilbertLumoindongvlogs membantu menyebarkan pesan-pesan rohani dan khotbah-khotbahnya kepada jemaat dan masyarakat luas.

Tercatat akun YouTube Gilbert Lumoindong mencapai 1 juta subscriber dan terlihat lebih dari 3.200 video yang telah diunggahnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])