Sosis Gajahan, Oleh-oleh Khas Solo

Nusantaratv.com - 09/08/2022 21:57

Sosis Gajahan khas Kota Solo
Sosis Gajahan khas Kota Solo

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Sosis Solo merupakan kuliner klasik yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Makanan yang tergolong camilan itu mudah ditemukan di pasar tradisional, tenongan, maupun rumah makan.

Terlepas dari rasa, sosis Solo tempo dulu kurang menunjukkan daya tariknya. Padahal sosis Solo bisa menjadi salah satu oleh-oleh bagi pendatang. Melihat kondisi itu, Ridho Taqabalallah, 37, merintis usaha Sosis Gajahan pada tahun 2018. Dia menggunakan nama Sosis Gajahan sesuai daerah asal atau tempat tinggalnya.

“Tahun 2018 saya mulai merintis Sosis Gajahan sebagai oleh-oleh khas Solo di mana menurut data yang kami punya sosis Solo merupakan oleh-oleh khas sejak dulu kala,” ujar dia, beberapa waktu lalu.

Sosis Solo ini dibalut dengan kulit yang dibuat dari telur ayam. Memiliki cita rasa yang lezat karena diolah dari fillet dada ayam segar nan berkualitas yang berpadu dengan beraneka bumbu yang semakin menyempurnakan kelezatannya.

Gajahan adalah sebuah desa di kecamatan Colomadu, Solo, tempat asal Ridho. Sosis Solo sendiri merupakan kuliner klasik yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. 

Inovasi produk sosis Ridho dimulai dari membuat kemasan Sosis Gajahan yang lebih bagus. Tujuannya untuk mengangkat citra sosis khas Solo sekaligus memudahkan pembeli yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh.

Selanjutnya, ia mengurus sertifikasi halal sosis Gajahan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikasi halal sangat penting untuk memberikan label bahwa makanan ini terbuat dari daging yang halal dikonsumsi, yaitu ayam dan sapi. Alhasil, sosis Gajahan menjadi sosis pertama di Solo yang bersertifikat halal.

Langkah penting berikutnya adalah promosi dan pemasaran. Sebagai generasi milenial, Ridho memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya. 

Alhasil, 4 tahun kemudian, usaha Sosis Gajahan memiliki tiga outlet, yaitu di Jl Brigjend Sudiarto Gading, di dekat Srabi Notosuman, dan Rest Area KM 456 Salatiga. Ketiga outlet tersebut kini sudah menghasilkan omzet sebesar Rp100 juta per bulan.

Dari segi pembayaran, sejak 2019 Ridho juga menyediakan layanan digital, sesuai permintaan konsumen. Apalagi pada praktiknya layanan pembayaran non-tunai dirasakan sangat membantu karena tak harus menyiapkan uang kembalian.

Sosis Ayam gulung Gajahan

Oh iya, Sosis Gajahan selain bisa dibeli langsung di Jl. Brigjen Sudiarto No.92, Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta, juga tersedia secara online di Go-Food dengan nama Sosis Gajahan, Surakarta.

Selain menjual kepada pembeli, Sosis Gajahan juga menjual produknya dalam bentuk frozen food kepada reseller di berbagia kota di Indonesia, melalui jasa pengiriman Paxel. Harganya mulai dari Rp3.000-an hingga Rp80.000-an.

Sumber: sijori.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Daging steak-1669892965
Martabak Pizza Orins-1667458167
Kafe Chef Recipe-1666695458