Sondang: Dukung Pembangunan Pabrik Pupuk Baru di Luar Pulau Jawa

Nusantaratv.com - 04 April 2024

Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan PT. Pupuk Indonesia di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (02/04/2024). Foto : Prima/Andri
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan PT. Pupuk Indonesia di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (02/04/2024). Foto : Prima/Andri

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon mengapresiasi program rencana pengembangan strategis untuk menjaga pertumbuhan pupuk Indonesia yang berkelanjutan. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membangun pabrik pupuk baru di Aceh, Palembang, Bontang, Cikampek, Gresik dan Papua Barat.

Sondang menilai dengan adanya pembangunan pabrik di beberapa daerah tersebut, harapannya, dapat membuat ongkos pendistribusian pupuk menjadi kecil. Sehingga, nantinya dapat mempengaruhi harga jual pupuk menjadi tidak mahal.

“Bangun pabrik-pabrik pupuk tidak hanya di Pulau Jawa, bangun pabrik-pabrik pupuk di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. supaya apa? ongkos perjalanan mendistribusikan pupuk kecil. Saat ini biaya logistik kita, saya tak tahu di dunia ini mungkin kita paling mahal biaya logistiknya,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan PT. Pupuk Indonesia di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (02/04/2024).

“Bangun pabrik-pabrik pupuk tidak hanya di Pulau Jawa, bangun pabrik-pabrik pupuk di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. supaya apa? ongkos perjalanan mendistribusikan pupuk kecil”

Lanjutnya, dengan adanya pembangunan pabrik-pabrik pupuk di luar Pulau Jawa ini juga diharapkan menjadi upaya bagi setiap masyarakat untuk merasakan bahwa ada kehadiran negara dan Pemerintah dalam memperhatikan para petani.

“Jadi tidak ada lagi permasalahan-permasalahan terlambat yang namanya mendistribusikan (pupuk). Oleh karenanya saya sangat mendukung dari rencana kinerja atau rencana strategis untuk menjaga pertumbuhan pupuk Indonesia yang berkelanjutan baik yang ada di Aceh, di Bontang, Papua Barat dan di mana-mana Pak. Segera bangun dan benar-benar itu dikelola dengan baik,” tegas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])