Soal Penarikan Pasukan di Afghanistan, Pejabat Tinggi Militer AS Dicecar Sejumlah Pertanyaan

Nusantaratv.com - 28 September 2021

Warga Afghanistan memenuhi Bandara internasional Kabul untuk segera dievakuasi pasukan AS. (Net)
Warga Afghanistan memenuhi Bandara internasional Kabul untuk segera dievakuasi pasukan AS. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pejabat tinggi militer Amerika Serikat (AS) akan menghadapi sejumlah pertanyaan pada Selasa (28/9/2021) terkait berakhirnya perang panjang di Afghanistan

Di mana pada pekan-pekan terakhir terjadi kekacauan menjelang penarikan pasukan AS dari negera itu setelah konflik 20 tahun. Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley dan Kepala Komando Pusat AS Jenderal Kenneth McKenzie akan hadir di hadapan Komisi Angkatan Bersenjata Senat AS untuk melakukan dengar pendapat tentang akhir operasi militer di Afghanistan serta rencana kontraterorisme militer di masa depan.

Pentagon telah membela operasi penarikan pasukan AS, termasuk upaya evakuasi yang membawa lebih dari 120.000 orang keluar dari Afghanistan ketika Taliban menguasai negara itu kembali.

Proses evakuasi itu menimbulkan kekacauan di Bandara internasional Kabul, termasuk bom bunuh diri yang menewaskan 13 anggota militer AS dan 169 warga Afghanistan.

Para pejabat kemungkinan akan menghadapi pertanyaan tentang rencana pemerintahan Joe Biden untuk melakukan upaya penarikan pasukan dan keputusan untuk mengakhiri misi AS di Afghanistan, serta peristiwa-peristiwa tertentu pada hari-hari terakhir itu seperti serangan udara yang menewaskan 10 warga sipil.

Austin, Milley dan McKenzie semuanya akan kembali hadir pada Rabu (29/9/2021) di hadapan Komisi Angkatan Bersenjata Senat AS.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])