Sistem Panggilan Darurat Otomatis Bermasalah, 59 Ribu Kendaraan Tesla Model Y dan 3 Kena Recall

Nusantaratv.com - 04 Juli 2022

Mobil Tesla Model Y saat upacara pembukaan Tesla Gigafactory baru untuk mobil listrik di Gruenheide, Jerman, 22 Maret 2022. (Patrick Pleul/Pool via Reuters)
Mobil Tesla Model Y saat upacara pembukaan Tesla Gigafactory baru untuk mobil listrik di Gruenheide, Jerman, 22 Maret 2022. (Patrick Pleul/Pool via Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Badan lalu lintas jalan Jerman mengatakan pihaknya melakukan penarikan kembali (recall) terhadap Tesla model Y dan 3.

Penarikan itu dilakukan karena kesalahan pada sistem panggilan darurat otomatis yang memengaruhi 59.000 kendaraan di seluruh dunia, seperti dikutip dari Reuters, Senin (4/7/2022).

Pengawas KBA mengatakan di situs web-nya tertanggal 29 Juni bahwa cacat perangkat lunak (software) menyebabkan kerusakan eCall, yang dirancang untuk secara otomatis menghubungi responden darurat jika terjadi kecelakaan serius.

Penyiar regional Jerman Rundfunk Berlin-Brandenburg, yang melayani wilayah yang menjadi rumah bagi Tesla model Y Jerman dan lokasi produksi baterai di dekat Berlin, pertama kali melaporkan penarikan tersebut pada Sabtu (2/7/2022).

KBA mengatakan 59.129 kendaraan terpengaruh secara global tetapi tidak merinci berapa banyak dari mereka yang terdaftar di Jerman.

Kesalahan perangkat lunak adalah tambahan bagi Chief Executive Officer Elon Musk setelah Tesla pada Sabtu (2/7/2022) mengatakan pihaknya mengirimkan kendaraan listrik 17,9 persen lebih sedikit pada kuartal kedua dari kuartal sebelumnya, karena penutupan terkait Covid-19 di China mengganggu produksi dan rantai pasokannya.

Sedangkan terkait permasalahan ini, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) itu tidak bisa segera dimintai komentarnya.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])