Simak! Ini 4 Rempah yang Bisa Bantu Atasi Hidung Tersumbat karena Pilek

Nusantaratv.com - 19 Maret 2024

Ilustrasi Pilek (freepik/presfoto)
Ilustrasi Pilek (freepik/presfoto)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Gejala hidung tersumbat memang sangat tidak nyaman. Bukan hanya tidak dapat bernapas dengan bebas, tetapi indra penciuman dan pengecapan juga terganggu. 

Namun, ada beberapa obat alami yang berasal dari rempa-rempah tertentu, dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan memberikan kelegaan karena sifat aromatiknya. 

Penasaran rempah apa saja itu? Mati simak ulasannya di bawah ini yanh telah dikutip dari mirchi, Selasa, 19 Maret 2024.

Rempah yang Bisa Membantu Atasi Hidung Tersumbat

1. Jahe

ilustrasi jahe (pixabay)

Rempah pertama yang bisa membantu meredakan hidung tersumbat, yakni ada jahe. Jahe sendiri punha anti inflamasi serta mengandung senyawa yang disebut gingerol, mengurangi pembengkakan hidung dan baunya yang menyengat dapat membuka hidung tersumbat. 

Minum teh jahe panas saat pilek bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. 

2. Bawang Putih

bawang putih (pixabay)

Selanjutnya ada bawang putih, dikenal juga karena punya sifat anti bakteri dan anti virus. Bawang putih mengandung senyawa belerang yang mendukung kesehatan pernafasan. 

Memasukkan bawang putih ke dalam makanan kamu atau menghirup aromanya bisa membantu meredakan hidung tersumbat.

3. Kunyit

kunyit (pixabay)

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan efek anti-inflamasi yang kuat. Rempah satu ini dapat membantu mengurangi peradangan hidung dan dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Menambahkan kunyit ke dalam susu hangat atau memasukkannya ke dalam masakan, dapat bermanfaat bagi kesehatan pernapasan.

4. Pepermin

pepermin (pixabay)

Pepermin mengandung mentol yang merupakan dekongestan alami. Hal ini membantu membuka saluran udara yang tersumbat di hidung dan meredakannya. Aroma minyak pepermin juga bisa memberikan kelegaan. 

Sekedar tambahan, meskipun rempah-rempah di atas dapat membantu meredakan hidung tersumbat, tetapi mungkin saja tidak cocok bagi sebagian orang. 

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjadikan ini sebagai bagian dari rutinitas kesehatan kamu kala hidung tersumbat. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])