Sikat Gigi Saat Puasa Apakah Bikin Batal? Begini Penjelasan Buya Yahya

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Buya Yahya (YouTube Al-bahjah tv)
Buya Yahya (YouTube Al-bahjah tv)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Melakukan aktivitas sikat gigi saat puasa, tentu menjadi pertanyaan di banyak kaum muslim yang belum mengetahuinya. 

Hukum menyikat gigi saat puasa ini lantas dijelaskan oleh Buya Yahya, jika hal tersebut tidak membatalkan puasa tetapi lebih ke makruh.

“Sikat gigi memang tidak membatalkan puasa, tapi segala bentuk yang ada rasanya, segala sesuatu yang ada rasanya dimasukan ke dalam mulut itu hukumnya makruh, memang tidak batal,” kata Buya Yahya dikutip dari TikTok @penuntutilmu09 Rabu, 3 April 2024.

Buya Yahya (YouTube Al-bahjah tv)

“Es krim pun tidak batal, makruh. Maka sebaiknya jangan anda sikat gigi di siang hari, persiapkan sebelum subuh sidah sikat gigi yang bersih,” katanya lagi. 

Meski begitu, Buya menerangkan jika saat puasa dan kedaan tertentu mulut kotor maka boleh menyikat gigi dengan syarat tertentu. 

“Tapi kalau ternyata dalam keadaan tertentu mulutnya sangat kotor, maka anda boleh sikat gigi, tapi hati-hati, yakinkan kalau anda tidak bakal menelan,” terangnya. 

“Maka setelah sikat gigi, anda gosok yang bersih anda berkumur anda buang kumurnya selesai, anda tidak perlu kena was-was, kenapa was-was lagi,” pungas Buya Yahya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])