Siap-siap! Materi Tes SBMPTN Bertambah, Pakai Bahasa Inggris

Nusantaratv.com - 06 Januari 2022

Ilustrasi ujian SBMPTN/ist
Ilustrasi ujian SBMPTN/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Materi ujian dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur SBMPTN dipastikan bertambah. Adapun materi ujian yang ditambahkan adalah Bahasa Inggris. 

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbudristek, Budi Prasetyo. 

Budi Prasetyo menjelaskan tambahan materi uji dalam SBMPTN merupakan kesepakatan para rektor PTN. Penambahan materi ini juga diharapkan dapat membantu pembelajaran mahasiswa di kelas.

"Ada tes Bahasa Inggris karena ini keputusan para rektor sudah menyetujui, dan menganggap perlu Bahasa Inggris ini untuk mendukung pengajaran di PTN," kata Budi, Kamis (6/1).

Dengan penambahan ini, maka peserta SBMPTN 2022 akan mengikuti tiga tes dalam satu hari yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Bahasa Inggris.

Baca juga: Biaya Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

"Jadi di sertifikat adik-adik nanti akan ada hasil tes TKA, TPS, dan terakhir Bahasa Inggris nilainya berapa, yang pasti akan digunakan untuk menghitung nilai akhir dari adik-adik," ujar Budi, mengutip CNNIndonesiacom.

SBMPTN 2022

Untuk diketahui, kelompok ujian dalam UTBK-SBMPTN 2022 terbagi menjadi tiga kelompok yakni Kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Saintek dan Soshum (Campuran).

Lama waktu ujian Kelompok Saintek, dan Kelompok Soshum masing-masing yakni 195 menit. Sementara Kelompok Ujian Campuran mendapat alokasi waktu 285 menit.

Untuk Kelompok Saintek, materi ujian di antaranya TPS, TKA Saintek meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Materi uji Kelompok Soshum di antaranya TPS, TKA Soshum yaitu Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi. Sementara Materi uji Kelompok Campuran yakni TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum. Setiap kelompok ujian mendapatkan tambahan tes Bahasa Inggris.

Kemendikbud memastikan peserta didik tetap bisa lintas jurusan dalam seleksi PTN, termasuk lewat jalur SBMPTN. Jalur SBMPTN juga tidak diperuntukkan bagi siswa yang lolos melalui SNMPTN, karena sistem akan menolak NISN peserta didik tersebut.

Berikut pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022
- Registrasi akun LTMPT: 14 Februari-17 Maret 2022

- Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 23 Maret-15 April 2022

- Pelaksanaan UTBK-SBMPTN gelombang 1: 17-23 Mei 2022

- Pelaksanaan UTBK-SBMPTN gelombang 2: 28 Mei-3 Juni 2022

- Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN: 23 Juni 2022

- Masa unduh sertifikat UTBK: 25 Juni-31 Juli 2022.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])