Setelah Vakum 2 Tahun, Liga Futsal Nusantara Siap Digelar pada 2022

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Ilustrasi logo Liga Futsal Nusantara/ist
Ilustrasi logo Liga Futsal Nusantara/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kabar gembira bagi para pemain, ofisial, pengurus dan penggemar futsal di seluruh Tanah Air. Liga Futsal Nusantara (LFN) yang sempat vakum selama kurang lebih 2 tahun akibat pandemi covid-19 akan digelar kembali. 

Informasi ini terungkap dalam pertemuan virtual Federasi Futsal Indonesia (FFI) dengan Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) dari seluruh provinsi pada 5-6 Oktober 2021 lalu.

LFN yang menjadi kompetisi futsal kelompok usia U-23 putera dan U-21 puteri rencananya akan digelar pada 2022.

Kompetisi futsal nasional terbesar kedua setelah Liga Futsal Profesional ini bertujuan memberikan peluang bagi klub futsal tingkat provinsi untuk masuk ke Liga Futsal Profesional. FFI memberikan 2 tiket lolos otomatis ke LFP bagi 2 finalis LFN 2022.

Dikarenakan tidak ada kompetisi dalam 2 tahun terakhir mengakibatkan tidak ada tim yang promosi ke Liga Futsal Profesional 2021.

Sekjen FFI Edhi Prasetyo memastikan format promosi LFN tidak berubah, hanya tim yang berhasil menjadi juara yang berhak masuk atau lolos ke tingkat nasional. Setiap AFP yang ingin mengirimkan wakil ke babak nasional harus menyelenggarakan LFN tingkat provinsi.

Baca juga: Iwan Bule Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia

“Formatnya tidak berubah. Yang masuk nasional adalah juara provinsi. Untuk tingkat provinsi, ketentuan dan regulasinya AFP yang membuat,” papar Edhi Prasetyo, mengutip okezone, Jumat (8/10/2021).

Selain membahas rencana penyelenggaraan LFN, diskusi Virtual yang dipimpin Edhi Prasetyo ini juga membahas pemassalan SDM futsal untuk kemajuan futsal yang merata di seluruh tanah air.

FFI memberikan kesempatan kepada AFP yang ingin menyelenggarakan kursus kepelatihan bagi pelatih, wasit maupun pengawas pertandingan.

“Menyambut new normal ini tentu kita harus membuka keran sebesar-besarnya dan seluasnya bagi pemassalan SDM, seperti membuka bendungan pada danau, FFI akan membantu dan mendukung segala kegiatan AFP yang sifatnya membangun futsal daerah terutama pelatihan SDM futsal” tukas Edhi Prasetyo.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])