Seri Playoffs Pertama IBL 2022 di GOR C-Tra Arena Bandung

Nusantaratv.com - 31/07/2022 14:23

Seri Playoffs Pertama IBL 2022 di GOR C-Tra Arena Bandung
Seri Playoffs Pertama IBL 2022 di GOR C-Tra Arena Bandung

Penulis: Reynaldi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Waktu yang singkat memaksa liga menggelar Playoffs terpusat. Namun tetap menggunakan sistem best-of-three. Akhirnya GOR C-Tra Arena Bandung dipilih sebagai tempat gelaran Playoffs hingga babak final.

Memang C-Tra Arena beberapa kali dipakai sebagai kandang tim untuk menjalani laga Playoffs. Namun dalam perjalanan liga 12 tahun terakhir, baru kali ini seri Playoffs (lengkap hingga final) digelar di C-Tra Arena. 

Kalau kita ingat kembali, pada tahun 2010 hingga 2015, seri Playoffs digelar di satu tempat. Berturut-turut yaitu Surabaya, Yogyakarta tiga kali, dan terakhir di Jakarta. Kemudian pada IBL 2016, babak Playoffs hingga final berlangsung di Britama Arena, Jakarta, dengan CLS Knights Surabaya sebagai juaranya. 

Setelah itu, IBL mulai menggunakan sistem home-and-away untuk babak final, mulai musim 2017 hingga musim 2018-19. Antara rentang tersebut, beberapa pertandingan memang digelar di C-Tra Arena. Namun dengan status sebagai kandang klub lain, seperti Pelita Jaya dan terakhir saat Stapac Jakarta menjuarai IBL 2018-19. 

Sementara pada musim 2020, liga tidak selesai karena pandemi Covid-19. Sedangkan musim 2021 bisa diselesaikan dengan tuntas di Britama Arena, Jakarta. Namun tetap memakai sistem best-of-three. Dan, pada tahun 2022 ini, babak Playoffs juga digelar secara terpusat di C-Tra Arena Bandung.

Kesimpulannya, arena yang berada di Jl. Cikutra, Kota Bandung ini, untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir dipakai sebagai tempat penyelenggaraan Playoffs sampai Finals. 

Banyak yang beranggapan kalau Playoffs digelar di C-Tra Arena bisa membawa keuntungan tersendiri bagi Prawira Bandung. Karena mereka sehari-hari latihan di sana. Tapi jangan salah, beberapa tim juga punya kenangan manis dengan GOR ini.

Contohnya saat Pelita Jaya Bakrie Jakarta berhadapan dengan Stapac di semifinal IBL 2017-18. PJ sempat kalah 58-69 di kandang Stapac, yang saat itu memakai GOR UNY, Yogyakarta. Tetapi ketika bermain di kandang PJ, yang memakai C'Tra Arena, mereka menang dua kali beruntun, yakni dengan skor 73-60 dan 77-76. Lewat kemenangan tersebut, PJ masuk ke Final IBL 2017-18. 

Musim 2018-19, juga tidak kalah menarik. Meski Bandung tidak punya wakil di babak Playoffs, setidaknya mereka jadi tempat bersejarah untuk tim Stapac Jakarta. Karena mereka mengangkat trofi juara IBL 2018-19 di C'Tra Arena setelah mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 74-56. SM kalah dua kali beruntun di sini. 

IBL 2022 Playoffs, akan digulirkan mulai 13 Agustus 2022. Sebanyak 8 tim akan bersaing memperebutkan gelar juara liga tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in