Serangan Balasan, Rudal Israel Hantam Iran, Ledakan Terdengar di Kota Isfahan

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Iran meluncurkan drone peledak dan menembakkan rudal ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel. (Foto: Reuters)
Iran meluncurkan drone peledak dan menembakkan rudal ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Israel melakukan serangan balasan terhadap Iran pada Jumat (19/4/2024). Rudal zionis tersebut menghantam salah satu kota di Iran.

Kantor berita Fars melaporkan, sebuah ledakan terdengar di barat laut Kota Isfahan, yang berjarak sekitar 350 kilometer dari Teheran. Disebutkan ledakan itu terjadi di dekat bandara internasional Kota Isfahan. Namun sejauh ini, belum ada penjelasan mengenai kemungkinan penyebabnya.

"Penyebab suara-suara ini masih belum diketahui, dan penyelidikan terus dilakukan hingga rincian pasti mengenai insiden tersebut ditentukan," demikian laporan kantor berita Fars.

Melansir CBS News, dua pejabat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi sebuah rudal Israel telah menghantam Iran. Provinsi Isfahan merupakan lokasi pangkalan udara militer Iran, tempat produksi rudal besar, dan fasilitas nuklir. Itulah mengapa Israel memilihnya sebagai sasaran rudalnya.

"Isfahan merupakan pusat program nuklir Iran dalam hal pelatihan, penelitian, seperti yang dikatakan sebagian orang, tempat pengembangan kemampuan nuklir Iran," ujar Mantan asisten menteri luar negeri AS Mark Kimmitt, dikutip dari BBC.

"Jadi kemungkinan besar Israel akan menyerangnya karena ketakutan terbesar Israel bukanlah kelanjutan misilnya saat ini, melainkan kemampuan nuklirnya di masa depan," sambungnya.

Laporan terbaru dari stasiun televisi Iran, IRIB yang mengutip "sumber terpercaya" mengatakan jika fasilitas nuklir di Isfahan "sepenuhnya aman". IRIB bahkan mengunggah video di Telegram yang memperlihatkan salah satu reporternya berdiri di atas sebuah gedung di pusat kota Isfahan.

"Kota ini aman dan sehat, masyarakat menjalani kehidupan normal," cetusnya.

"Beberapa jam yang lalu terdengar suara di langit. Dari apa yang kami ketahui, beberapa drone mini terbang di langit Isfahan ketika mereka menjadi sasaran."

"Sejauh ini, pemerintah provinsi belum memberi kami informasi apa pun. Beberapa media mengatakan fasilitas nuklir Isfahan menjadi sasaran, namun berdasarkan pantauan, informasi ini salah, tidak ada tempat yang menjadi sasaran," tambahnya.

Peluncuran rudal Israel tersebut menyusul serangan Iran pada Sabtu lalu, di mana negara tersebut mengirimkan lebih dari 300 drone dan rudal tanpa awak ke sasaran di seluruh negeri, kata pejabat militer Israel sebelumnya. 

Di sisi lain, insiden tersebut membuat penerbangan ke Teheran, Isfahan dan Shiraz telah ditangguhkan menyusul laporan terjadinya ledakan di kota Qahjavaristan, media pemerintah Iran melaporkan. Kota Qahjavaristan terletak di dekat Bandara Isfahan dan Pangkalan Shekhari ke-8 Angkatan Udara di barat laut Isfahan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])