Serahkan Surat-surat Kepercayaan ke Joe Biden, Dubes Rosan Bertekad Memperkuat Kemitraan Strategis Indonesia - AS

Nusantaratv.com - 22 Januari 2022

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani. (net)
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani mengatakan akan memperkuat lagi kemitraan strategis antara Republik Indonesia dengan Amerika Serikat lewat kerja sama berbagai bidang.

“Kemitraan strategis RI-AS menjadi pilar dan pondasi yang kokoh bagi kerja sama kedua negara di berbagai bidang, mulai dari politik-keamanan, ekonomi perdagangan, pendidikan hingga People-to-People Contacts”, kata Rosan Perkasa Roeslani saat menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Jumat (21/1/2022).

Sementara, dalam rangka menangani pandemi global Covid-19, Rosan juga menekankan pentingnya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui penyediaan vaksin dan obat-obatan terapeutik serta pengembangan kerjasama teknologi mRNA dalam jangka menengah.

Selain kerja sama sektor kesehatan, mantan Ketum Kadin itu juga akan fokus dalam kerja sama mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Selain kerjasama kesehatan, fokus utama lain di bidang diplomasi bilateral RI-AS adalah membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi dan perlindungan terhadap WNI di AS”, ujar Rosan.

Sementara itu dalam sambutan tertulisnya, Joe Biden menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kerja sama dalam memajukan agenda bersama dan memperdalam persahabatan yang telah terjalin erat antara kedua negara.

“Indonesia dan AS telah bersahabat lebih dari 70 tahun dan Kemitraan Stategis mencerminkan komitmen bersama terhadap demokrasi dan masyarakat sipil, peningkatan perdagangan dan investasi, pecegahan perubahan iklim, keamanan regional dan global, serta pertukaran budaya," ujar Biden, mengutip Kompas.com.

Biden mengatakan, sebagai dubes, Rosan berperan untuk terus meningkatkan kerja sama baik yang saat ini sudah terbangun, maupun terkait dengan isu-isu yang menjadi kepentingan regional dan global lainnya.

Masih dalam sambutannya, Biden juga menegaskan peran penting Indonesia di kawasan.

“Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik dan mengharapkan penguatan kerja sama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022," kata Biden.

Diterimanya Surat-surat Kepercayaan tersebut sekaligus menandai masa tugas Dubes Rosan sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk AS yang ke-21.

Secara khusus, Rosan juga telah menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Joe Biden.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])