Seperti di DKI, Sistem PPDB Sumut 2021 Juga Bermasalah

Nusantaratv.com - 25 Agustus 2021

Ilustrasi, siswa SLTA sedang belajar di dalam kelas.
Ilustrasi, siswa SLTA sedang belajar di dalam kelas.

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Medan, Nusantara TV-Masalah sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 ternyata tak hanya terjadi di Provinsi DKI Jakarta. Kendala yang sama juga dialami para peserta didik yang ingin mendaftar pada pelaksanaan PPDB Sumut 2021.

Sampai dengan hari ketiga, Rabu (9/6/2021) orang tua siswa belum bisa mendaftar. Alhasil, para orang tua siswa pun kembali mendatangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut.

Petugas melayani keluhan para calon peserta didik terkait PPDB. Salah satu orang tua siswa yang mengantarkan anaknya ke Kantor Disdik Sumut, Armansyah, mengatakan sudah berulang kali mencoba mendaftar ke sekolah yang diinginkan anaknya, tapi tak bisa.

"Sebenarnya saya sudah ikut prosedur. Saya melakukan pendaftaran online, namun dari hari pertama sampai hari terakhir ini belum bisa. Keterangan registrasi berhasil namun tujuan sekolahnya berbeda. Yang terakhir-terakhir ini saya coba juga berulang-ulang, malah sekolah tujuan hilang," ungkap Armansyah dikutip dari detik.

Armansyah berharap Disdik Sumut memperbaiki situs PPDB Sumut. Ia mengatakan situs PPDB Sumut harusnya bisa mempermudah warga mendaftarkan anak-anaknya sekolah tanpa keluar dari rumah saat pandemi covid-19.

Baca juga: Lemot, Publik Keluhkan Sistem PPDB DKI Jakarta 2021

Diketahui, PPDB Sumut dibuka sejak 7 Juni 2021 untuk jalur prestasi dan bakal berakhir pada 9 Juni. Banyak orang tua siswa yang mengeluh karena situs PPDB Sumut kerap eror. Orang tua siswa pun telah ramai mendatangi kantor Disdik Sumut sejak Selasa (8/6) kemarin.

Sebelumnya, Ombudsman Sumut  juga sempat memantau langsung keluhan orang tua siswa terkait PPDB Sumut di Kantor Disdik Sumut. Ombudsman Sumut menyebut aplikasi penerimaan itu dinilai kacau.

"Pertama saya lihat aplikasinya yang kacau ya. Jadi kayaknya tidak dipersiapkan dengan matang," kata Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar.

Abyadi menyebut ada beberapa kekacauan yang dicatat oleh pihaknya. Salah satu masalahnya adalah sekolah yang tidak sesuai dengan pilihan.

"Tadi saya menyarankan agar ini, karena kan sudah ada kerugian, jadi kami harapkan ini agar diperpanjang waktu pendaftaran ini. Saya melihat situasi ini murni ketidaksempurnaan aplikasi," ucap Abyadi.

Sementara itu, Disdik Sumut membantah keluhan orang tua siswa yang menyebut sistem PPDB Sumut 2021 error. Menurut Sekretaris PPDB Disdik Sumut Suhendri munculnya anggapan itu karena masyarakat belum memahami sepenuhnya cara mengoperasikan situs PPDB tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])