Sempat Mundur, Magdalena Andersson Terpilih Lagi jadi PM Swedia

Nusantaratv.com - 29 November 2021

PM Swedia Magdalena Andersson/ist
PM Swedia Magdalena Andersson/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kurang lebih sepekan setelah memutuskan mundur sebagai Perdana Menteri (PM) Swedia. Magdalena Andersson kembali terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Swedia untuk kedua kalinya pada Senin (29/11/2021).

Anggota parlemen Swedia menerima rencananya untuk memimpin pemerintahan Swedia dari Partai Sosial Demokrat.

Seperti diberitakan, pada Rabu (24/11/2021), Andersson terpilih sebagai PM Swedia. Namun secara mengejutkan beberapa jam kemudian dia menyatakan mundur  lantaran pengajuan dananya tidak disetujui parlemen dan Partai Hijau mundur dari pemerintahan koalisi. 

Tetapi pada pemungutan suara yang berlangsung Senin (29/11/2021) Andersson menang tipis. Dibutuhkan minimal 175 suara tak percaya untuk menghentikannya dan dia mendapatkan 173 suara, mengutip kompascom.

Baca juga: Beberapa Jam Menjabat, PM Swedia Magdalena Andersson Mengundurkan Diri

Andersson kini memimpin pemerintahan minoritas satu partai. Dia berharap partainya akan meraup kemenangan dalam pemilu nasional yang dijadwalkan September 2022. 

Partai Sosial Demokrat-nya menguasai 100 kursi di parlemen yang beranggotakan 349 orang.

Sebagai kepala pemerintahan satu partai, dia akan fokus untuk mencapai sejumlah kesepakatan dengan berbagai sekutu seperti Partai Hijau, Patai Kiri, dan Partai Tengah. Tapi tampaknya itu tidak akan mudah bagi Andersson.

Berkaca dari dinamika yang terjadi dalam politik di Swedia selama sepekan terakhir, menjadi gambaran kesulitan yang dihadapi Andersson  untuk menyatukan sekutu di balik agenda kebijakannya. Misalnya, Partai Hijau dan Partai Tengah telah berulang kali bentrok mengenai perlindungan lingkungan. Di sisi lain Partai Tengah dan Partai Kiri memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang pengeluaran kesejahteraan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])