Sejumlah Gedung di Australia Runtuh Akibat Guncangan Gempa 6,0 Magnitudo

Nusantaratv.com - 22 September 2021

Sejumlah gedung di kota Melbourne, Australia rusak bahkan runtuh akibat gempa/ist
Sejumlah gedung di kota Melbourne, Australia rusak bahkan runtuh akibat gempa/ist

Penulis: Ramses Manurung

Melbourne, Nusantaratv.com-Wilayah dekat kota Melbourne, Australia diguncang gempa bumi berkekuatan 6,0 magnitudo, pada Rabu (22/9/2021) sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Sejumlah gedung dilaporkan mengalami kerusakan bahkan runtuh akibat guncangan gempa. Gempa juga memicu kepanikan warga di Melbourne. 

Pusat gempa bumi ini dilaporkan berada di dekat kota pinggiran Mansfield, Victoria, yang berjarak 200 kilometer sebelah timur laut Melbourne. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan bumi.

Getaran gempa dirasakan hingga ke lokasi berjarak ratusan kilometer.

Dari foto-foto dan video yang beredar di media sosial tampak reruntuhan gedung yang rusak akibat gempa berserakan dan memblokir salah satu ruas jalanan utama Melbourne. Area perbelanjaan ternama di sekitar Chapel Street, Melbourne, dipenuhi puing-puing setelah batu bata terlepas dari gedung dan berserakan.

Selain merusak gedung, gempa juga telah menyebabkan terputusnya aliran listrik ke rumah warga.

Baca juga: Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo, BMKG Peringatkan Gempa Susulan

"Seluruh gedung berguncang. Semua jendela, kaca, bergetar -- seperti gelombang guncangan. Saya belum pernah mengalami itu sebelumnya. Sedikit menakutkan," tutur seorang pemilik kafe di Melbourne, Zume Phim (33) mengutip detik.

Gempa hebat yang melanda Melbourne, getarannya dirasakan hingga ke kota Adelaide yang berjarak 800 kilometer di sebelah barat, dan Sydney yang berjarak 900 kilometer di sebelah utara. 

Sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa, korban luka dan kerusakan di luar Melbourne.

Sementara itu, Geoscience Australia menyatakan gempa bumi relatif tidak biasa di wilayah Australia bagian timur yang padat penduduk karena posisinya di tengah-tengah lempengan tektonik Indo-Australia.

Gempa yang terjadi kali ini berkekuaran lebih tinggi dari gempa mematikan di Australia, yang terjadi tahun 1989 di wilayah Newcastle dengan kekuatan 5,6 magnitudo dan menewaskan 13 orang.

Biro Meteorologi Australia menyatakan tidak ada ancaman tsunami yang dirilis untuk daratan utama, kepulauan atau wilayah Australia akibat gempa ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])