Sebut Wayang Kulit Berasal dari Malaysia, Adidas Minta Maaf

Nusantaratv.com - 16 November 2021

Penampakan desain sepatu Adidas dengan motif wayang kulit. (Instagram/Adidas)
Penampakan desain sepatu Adidas dengan motif wayang kulit. (Instagram/Adidas)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Maksud hati ingin menarik minat masyarakat Asia Tenggara dengan mengangkat tema budayanya, Adidas justru mendapat amarah warganet Indonesia. Pasalnya wayang kulit yang disematkan pada salah satu produknya itu disebut sebagai warisan budaya Malaysia. 

Awal mulanya, Adidas melalui akun Instagram resmi Adidas Singapura, @adidassg pada Rabu (10/11/2021), mem-posting foto salah satu sepatu buatan mereka yang masuk koleksi City Pack. Nah, ada desain wayang kulit di masing-masing sisi sepatu tersebut.

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya,” begitu bunyi caption foto unggahan Adidas.

Baca Juga: Ini Pria-pria dengan Otot Teraneh di Dunia

Langsung saja caption foto itu diserbu warganet. Menyadari telah menyinggung lewat Instgram story-nya, Adidas menyampaikan permohonan maaf.

“Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dari warisan budaya Malaysia, kita seharusnya menyebut asal-usulnya dari Indonesia di posting-an kami,” tulis Adidas.

Wayang  kulit Malaysia. (IStockphoto)

Selain minta maaf, Adidas juga juga telah mengubah isi postingannya.

“Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi bagian lain di Asia Tenggara. Desain #Ultra BOOST DNA City Pack memberikan penghormatan untuk bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “lama bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST.” Begitu bunyi caption terbarunya.

FYI, Adidas, dalam membuat desain untuk produksinya, mengaku terinspirasi dari budaya negara-negara di Asia Tenggara. Mereka juga mengaku nggak bermaksud mengklaim wayang kulit berasal dari Malaysia.

“Saat bekerja dengan seniman untuk mengembangkan perwakilan desain warisan Malaysia dan Asia Tenggara, kami dengan rendah hati terinspirasi oleh warisan budaya yang kaya di negara-negara Asia Tenggara. Untuk menghindari keraguan, baik brand maupun artis, tidak bermaksud untuk mengklaim bukan seni budaya dari Indonesia,” sebut Adidas.

Baca Juga: 450 Warga Terluka Akibat Serangan Kalajengking dan Ular Berbisa

“Kami berterima kasih sekali lagi atas dukungan Anda terhadap merek ini, dan pembuat konten yang berkolaborasi dengan kami untuk merayakan budaya unik kami serta identitas kami,” pungkasnya.

Objek Warisan Tidak Kentara
Kalau di situs www.heritage.gov.my yang merupakan portal resmi kebudayaan Malaysia, wayang kulit termasuk ke dalam Objek Warisan Tidak Ketara atau warisan bukan benda.

Padahal dalam situs UNESCO, organisasi yang langsung di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), wayang kulit juga diakui sebagai seni tradisional dari Jawa dan Bali.

Sumber: inibaru.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])