SBY Coblos di TPS 16 Pacitan

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Presiden Republik Indonesia (RI) keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Istimewa)
Presiden Republik Indonesia (RI) keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Istimewa)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terdaftar sebagai pemilih di TPS 16 Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ketua KPPS TPS 16 Fajar Setiyo Asmoro, Selasa (13/2), saat dikonfirmasi awak media terkait kabar masuknya nama SBY dan Ibas (Edhie Baskoro Yudhoyono) beserta istri, Siti Ruby Aliya Rajasa dalam DPT di Pacitan.

"Iya, beliau (SBY) masuk DPT sini dan akan mencoblos di sini (TPS 16)," katanya menjawab pertanyaan awak media di Pacitan.

Namun, Fajar menyatakan kehadiran SBY tidak lantas membuat pihaknya memberikan perlakuan khusus.

SBY, Ibas dan keluarga tetap akan mengantre giliran mencoblos sesuai nomor urut. Tempat duduk antrean disediakan sama seperti calon pemilih lain.

Persiapan dan pembuatan TPS 16 di Kelurahan Ploso. (Foto: Antara)

Di TPS 16 Kelurahan Ploso juga tidak akan ada pengemasan khusus atau berlebih hanya karena Presiden Keenam RI beserta keluarga mencoblos di tempat mereka bertugas.

"Sama dengan (pemilih) yang lain. Ya antre, menunggu, dan sebagainya," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Ploso, Aswin Rika Wijaya membenarkan bahwa keluarga SBY akan melakukan pencoblosan di TPS 16 Kelurahan Ploso.

"Selain itu pak Bupati (Indrata Nur Bayu Aji) dan istri juga akan mencoblos di TPS 16," ucap Aswin.

Sejak kapan SBY pindah kependudukan di Pacitan, Aswin tidak menjelaskan detail.

Ia hanya mengonfirmasi bahwa SBY sudah merupakan penduduk Kabupaten Pacitan yang ditandai dengan kepemilikan dokumen kependudukan seperti KTP dan KK Kabupaten Pacitan.

"Pak SBY sudah KTP sini (Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan). Jadi kalau sesuai aturan nyoblosnya juga dari tingkat DPRD Kabupaten, Provinsi, RI dan Pilpres," tuturnya.

Senada, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pacitan, Tri Mujiharto, membenarkan kependudukan SBY, Ibas dan Siti Ruby Aliya Rajasa.

Kata dia, KTP dan KK ketiganya sudah diurus/keluar dokumen kependudukan sebelum DPT ditetapkan KPU.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])