Satgas Ingatkan Penyelenggara Pemilu di Kepri Disiplin Prokes

Nusantaratv.com - 25/11/2022 15:16

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Adi Prihantara. ANTARA/Nikolas Panama
Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Adi Prihantara. ANTARA/Nikolas Panama

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan penyelenggara pemilu di wilayah itu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular virus tersebut.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Adi Prihantara di Tanjungpinang, Jumat mengatakan, penyelenggara pemilu, terutama yang bertugas di lapangan dan berinteraksi dengan berbagai pihak termasuk kelompok yang rentan tertular COVID-19.

Karena itu, kata dia seluruh penyelenggara pemilu baik dari jajaran KPU Kepri dan Bawaslu Kepri harus menggunakan masker dan rajin-rajin membersihkan tangan.

KPU Kepri dan Bawaslu Kepri juga harus memastikan seluruh kegiatan di dalam ruangan menerapkan prokes.

"Jajaran KPU Kepri dan Bawaslu Kepri di tingkat kecamatan sampai desa dan kelurahan akan lebih banyak berinteraksi dengan pengurus partai dan warga sehingga harus disiplin menggunakan masker," ucapnya.

Anggota KPU Kepri Arison mengatakan seluruh tahapan pemilu tahun 2024 dilaksanakan sesuai prokes baik di dalam ruangan tertutup maupun terbuka. Peserta yang diundang dalam kegiatan kepemiluan wajib menggunakan masker.

"Biasanya kami juga menyiapkan cairan pembersih tangan untuk para peserta kegiatan kami," katanya.

Menurut dia, jajaran KPU Kepri juga mengantisipasi permasalahan yang dapat muncul akibat petugas di lapangan tertular COVID-19, dimulai dari proses rekrutmen panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara. Syarat yang wajib dipenuhi calon peserta yakni tidak memiliki penyakit penyerta yang mengancam kesehatannya.

"Kami tidak ingin petugas yang tertular COVID-19 mengalami sakit parah hingga meninggal dunia akibat penyakit penyerta," ujarnya.

Satgas Penanganan COVID-19 Kepri mencatat kasus aktif COVID-19 di wilayah itu sebanyak 161 orang, dengan rincian Batam 72 orang, Tanjungpinang 24 orang, Bintan 44 orang, Karimun 20 orang, dan Lingga satu orang.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in