Samsung Sukses Kembangkan DRAM Seluler Tercepat di Dunia

Nusantaratv.com - 10/11/2021 12:02

Samsung LPDDR5X. (The Korea Herald)
Samsung LPDDR5X. (The Korea Herald)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Samsung Electronics pada Selasa (9/11/2021) mengumumkan mereka sukses mengembangkan DRAM LPDDR5X seluler.

Ini merupakan generasi berikutnya yang pertama di dunia (Low Power Double Data Rate 5X), seperti dikutip dari The Korea Herald, Rabu (10/11/2021).

Menurut pembuat chip memori terkemuka di dunia, LPDDR5X 16-gigabyte berbasis 14 nanometer dengan kecepatan dan penyimpanan yang ditingkatkan.

Serta dengan konsumsi daya yang lebih sedikit, diharapkan menjadi solusi chip memori yang optimal untuk industri teknologi canggih yang tumbuh secara eksponensial dengan 5G, kecerdasan buatan dan pergeseran ke metaverse.

Perkembangan baru menandai keberadaan DRAM seluler, memproses hingga 8,5 gigabyte per detik, dengan kecepatan sekitar 30 persen lebih cepat dari solusi LPDDR5 sebelumnya, dengan kecepatan pemrosesan data maksimum 6,4 gigabyte per detik.

Ini juga mengurangi konsumsi daya sebesar 20 persen dibandingkan dengan model sebelumnya, dengan memanfaatkan teknologi proses DRAM 14-nanometer paling canggih di industri.

Samsung Electronics berencana menanggapi permintaan yang meningkat untuk DRAM seluler berkapasitas lebih tinggi, dengan modul LPDDR5X 16 gigabyte, yang memungkinkan hingga 64 gigabyte per paket memori.

"Dalam beberapa tahun terakhir, segmen pasar hyperconnected seperti AI, augmented reality dan metaverse, yang mengandalkan pemrosesan data skala besar yang sangat cepat, dan berkembang pesat," kata Hwang Sang-joon, Wakil Presiden Senior dan Kepala DRAM sekaligus Tim Desain di Samsung Electronics.

"LPDDR5X kami akan memperluas penggunaan memori berperforma tinggi dan berdaya rendah di luar smartphone dan menghadirkan kemampuan baru ke aplikasi edge berbasis AI seperti server dan bahkan mobil," tambahnya.

Samsung Electronics mengatakan akan terus memperluas jajaran DRAM canggihnya dengan peningkatan konsumsi daya dan kinerja yang dapat mengakomodasi permintaan DRAM premium. Perusahaan berencana mulai memproduksi massal DRAM LPDDR5X pada tahun depan.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in