Samsung Galaxy S23 Dibekali Konektivitas Satelit

Nusantaratv.com - 25/11/2022 11:20

Ilustrasi. Samsung S22 Ultra. (Phone Arena)
Ilustrasi. Samsung S22 Ultra. (Phone Arena)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seakan ingin meniru jejak Apple dan Huawei, Samsung juga dilaporkan berencana menambahkan fitur komunikasi satelit ke dalam seri Galaxy S23 mendatang.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan (Korsel) itu disebutkan menjalin sinergi dengan Iridium, sebuah perusahaan komunikasi satelit global, untuk mengirimkan data seperti pesan teks dan gambar berkapasitas rendah melalui satelit.

Publikasi Korsel Etnews, dikutip dari Gizmochina, Jumat (25/11/2022), mengatakan, selama dua tahun terakhir, Samsung telah berupaya keras untuk mengatasi teknologi komunikasi satelit. 

Samsung bersinergi dengan Iridium, yang merupakan perusahaan komunikasi satelit mapan yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Iridium menyediakan layanan komunikasi suara dan data di luar angkasa menggunakan 66 satelit komunikasi orbit rendah bumi.

Guna mengaktifkan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi melalui satelit, diperlukan antena (RF) yang besar. Jadi, tantangan terbesar terkait komunikasi satelit yakni membuat antena yang tidak mencolok. Dan, Samsung dikatakan sudah bisa mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, teknologi untuk mengintegrasikan modem komunikasi seluler dan satelit untuk memproses data digital juga dilaporkan sebagian besar telah rampung. Samsung belum mengonfirmasi detail apa pun tentang fitur baru ini.

Seperti disebutkan di atas, Huawei dan Apple sudah memperkenalkan fitur komunikasi satelit dengan ponsel flagships terbaru mereka. Pengguna iPhone 14 di AS dan Kanada dapat menggunakan fitur baru ini untuk berkomunikasi dengan layanan darurat saat sinyal seluler tidak tersedia. 

Raksasa teknologi asal AS, Apple, mengatakan dalam kondisi ideal dengan pandangan langsung ke langit dan cakrawala, pesan yang dikirim melalui satelit komunikasi mungkin membutuhkan waktu 15 detik, dan lebih dari satu menit untuk dikirim di bawah pohon dengan dedaunan ringan atau sedang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in