Samsung Electronics Pecahkan Rekor Kecepatan Unggah 5G

Nusantaratv.com - 16/10/2021 14:15

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Samsung Electronics pada Jumat (15/10/2021) mengatakan mereka telah menetapkan rekor dunia untuk kecepatan unggah 5G, yakni 711 megabit per detik.

Menurut raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel), prestasi itu dicapai dalam uji coba baru-baru ini yang dilakukan bersama dengan Verizon dan Qualcomm di Texas, Amerika Serikat (AS).

"Sebagai perbandingan, 700 Mbps cukup cepat untuk mengunduh film 1 gigabit dalam 10 detik. Kecepatan multi-gigabit telah dicatat pada unduhan sebelumnya, tetapi ini adalah kecepatan tercepat yang dapat dicapai perusahaan saat mengunggah data ke jaringan," kata seorang pejabat perusahaan, dikutip dari Korea Herald, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: Apple Hapus Aplikasi Al-Qur'an Paling Populer di China

Pejabat itu menambahkan terobosan kecepatan unggah akan memungkinkan pengunggahan video, gambar, dan data ke cloud dan media sosial. Mereka juga akan memungkinkan orang untuk berbagi konten tersebut secara langsung di daerah padat penduduk seperti jalan-jalan di pusat kota, ruang konser dan stadion sepak bola.

Alih-alih satu, Samsung Electronics dan dua perusahaan lainnya justru membuat kemajuan dengan menggunakan dua pita frekuensi secara bersamaan, memperluas bandwidth 200 megahertz menjadi 400 megahertz.

Bandwidth sendiri sering dianalogikan dengan lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat maka lalu lintas akan semakin lancar. 

Sebaliknya, jika kendaraan yang lewat banyak maka lalu lintas di jalan tersebut akan tersendat sehingga akan mempengaruhi aktivitas kendaraan lain.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in