Sambut Tahun Baru, Pihak Berwenang Minta Lansia Berhati-hati Saat Makan Mochi

Nusantaratv.com - 31 Desember 2021

Ilustrasi mochi. (Istimewa)
Ilustrasi mochi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Badan Kepolisian Jepang serta Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang meminta kepada para orang lanjut usia (lansia) agar berhati-hati saat memakan mochi pada libur tahun baru.

Mochi merupakan salah satu kue tradisional populer dari Jepang. Kue mungil ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sampai menjadi tepung, lalu tepungnya dibuat menjadi adonan berbentuk bulat dan dinamakan sebagai mochi.

Mochi kerap disantap saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Sekalipun teksturnya kenyal dengan rasa manis enak, tetapi mochi menjadi salah satu makanan berbahaya dari Jepang. Karena ada beberapa kasus tersedak mochi yang membahayakan nyawa, terutama di kalangan lansia.

Dikutip dari Japaan Today, Jumat (31/12/2021), pihak berwenang menyarankan orang tua untuk memotong mochi menjadi beberapa potongan kecil jika ingin menyantapnya. Hal ini dilakukan agar anak kecil dan orang tua lebih berhati-hati ketika mengonsumsi makanan yang terkenal lengket tersebut.

Selama perayaan Tahun Baru, keluarga di Jepang secara tradisional memasak sup ozoni, yakni hidangan sup kue beras sejenis mochi yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari miso atau kecap. Dan, mochi yang digunakan dalam sup ozoni dapat berbentuk bulat atau persegi panjang.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])