Sama-sama Mengandung Kafein, Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Kopi dan Cokelat

Nusantaratv.com - 14 April 2022

Ibu hamil/ist
Ibu hamil/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Masa kehamilan memang masa yang krusial bagi ibu dan janin. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk kebaikan perkembangan janin dan dirinya. Karena itu, ibu hamil harus memperhatikan betul makanan yang dikonsumsinya. 

Menurut Spesialis kebidanan dan kandungan dr. Zeissa Rectifa Wismayanti, Sp.OG, ada beberapa asupan yang tidak disarankan pada ibu hamil. Salah satunya adalah kopi yang mengandung kafein.

Dijelaskan, minuman yang mengandung kafein tidak disarankan karena memicu buang air kecil, sakit kepala dan jantung berdebar serta mengurangi kadar zat besi yang bisa diserap tubuh. 

Seandainya, anda termasuk tidak tahan jika tidak mengonsumsi kafein, ada batas yang disarankan, yakni tak lebih dari 200 miligram per hari yang setara dengan dua cangkir kopi instan.

"Nah, tapi perlu diingat juga ya, selain kopi, teh dan cokelat juga mengandung kafein," kata Zeissa.

Khusus saat berpuasa disarankan untuk tidak makan dalam satu porsi yang besar sekaligus, melainkan bertahap dalam porsi kecil agar perut tidak terasa begah. Makanlah sedikit saat berbuka puasa, kemudian lanjutkan lagi setelah selesai shalat isya atau tarawih untuk mengembalikan energi.

Makanan yang baik adalah yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, dan mineral ketika makan sahur dan berbuka supaya kebutuhan gizi ibu hamil dan janin tercukupi. 

"Hindari processed food yang banyak mengandung garam dan lemak, serta makanan olahan dari gula sederhana," tambahnya.

Kedua jenis makanan tersebut, kata Zeissa, biasanya mudah diolah untuk tubuh sehingga cepat membuat ibu hamil kenyang, tetapi di sisi lain juga mudah kembali lapar. Adapun karbohidrat yang disarankan untuk ibu yang mengandung adalah gandum, oat, nasi merah, hingga nasi cokelat. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Studi Klinis SANOIN-1711531661
tips-1711444228
Ilustrasi-1710918050