Rusia Uji Coba Vaksin Covid-19 Dalam Bentuk Semprotan Hidung

Nusantaratv.com - 14/10/2021 08:28

Vaksin Covid-19 berbentuk semprotan hidung. (News Medical)
Vaksin Covid-19 berbentuk semprotan hidung. (News Medical)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Rusia bakal menguji bentuk semprotan hidung dari vaksin Sputnik V-nya terhadap Covid-19 di antara sukarelawan dewasa.

Rusia saat ini sedang berjuang mengendalikan peningkatan jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/10/2021).

Kantor berita TASS menyebutkan Kementerian Kesehatan Rusia telah mengeluarkan izin kepada Gamaleya Center untuk melakukan uji klinis fase dua vaksin semprotan hidung.

Persiapan Gam-Covid-Vac (Sputnik V) akan diuji di pangkalan pusat penelitian ilmiah Eco-Safety di St. Petersburg dengan 500 sukarelawan dewasa berpartisipasi. Menurut registri, izin yang dikeluarkan pada 12 Oktober berlaku hingga 31 Desember 2023.

Pada akhir Agustus, Direktur Pusat Penelitian Nasional Gamaleya Alexander Gintsburg mengatakan kepada TASS, uji coba vaksin hidung yang terdiri dari komponen kedua Sputnik V dapat dimulai pada akhir 2021 hingga awal 2022, sementara sertifikasi semprotan diharapkan pada 2022.

Baca Juga: Moderna Tidak Berniat Bagikan Resep Vaksin Covid-19

Rusia dengan cepat mengembangkan dan meluncurkan vaksin Sputniknya ketika pandemi virus corona melanda pada 2020. Namun, penerimaan vaksin itu tergolong lambat, banyak orang Rusia mengutip ketidakpercayaan terhadap pihak berwenang dan ketakutan akan produk medis baru.

Vaksin semprotan hidung akan diterapkan dalam dua dosis di sebuah klinik di St Petersburg, menurut dokumen yang diterbitkan pada daftar obat-obatan negara. Sayangnya, dokumen itu tidak menyebutkan waktu yang direncanakan untuk tes klinis.

Pada Selasa (12/10/2021), Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia perlu mempercepat kampanye vaksinasi terhadap Covid-19 karena negara itu mencatat angka kematian satu hari tertinggi sejak awal pandemi.

Pada Juni, pihak berwenang Rusia mengatakan vaksin semprot hidung yang sesuai untuk anak-anak berusia 8-12 tahun telah diuji. Dan, direncanakan otoritas akan akan meluncurkan produk baru pada September.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in