Rusia Gratiskan Mobil Listrik Masuk Jalan Tol

Nusantaratv.com - 16 September 2021

Ilustrasi mobil listrik. (MarketWatch)
Ilustrasi mobil listrik. (MarketWatch)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Rusia memberikan akses jalan tol gratis bagi pemilik mobil listrik di negara itu.

Langkah ini ditempuh sebagai bagian dari inisiatif baru untuk meningkatkan jumlah kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di jalan-jalan lokal, seperti dikutip dari Carscoops, Kamis (16/9/2021).

Inisiatif ini merupakan bagian dari konsep pengembangan baru untuk produksi dan penggunaan transportasi mobil listrik di Negeri Beruang Putih itu. Konsep ini ditandatangani oleh Perdana Menteri (PM) Rusia Mikhail Mishustin pada 23 Agustus 2021.

Kehadiran kendaraan listrik di Rusia secara kuantitas saat ini masih sangat kecil dibandingkan mobil mesin konvensional. Penjualan mobil listrik di Rusia hanya menyumbang 0,05 persen dari total penjualan.

Rencananya, pemerintah Rusia menargetkan menjual 25.000 kendaraan listrik setiap tahunnya mulai 2024. Artinya, sekitar 10 persen dari semua penjualan mobil baru pada 2030. 

Pemerintah Rusia juga sudah menyiapkan sejumlah inisiatif guna mendorong penjualan mobil listrik, termasuk inisiatif subsidi pinjaman dan sewa. Selain inisiatif bagi konsumen, Pemerintah Rusia juga akan memberikan subsidi bagi produsen mobil jika membangun kendaraan listrik dan pabrik baterai di Rusia. 

Rusia berniat menginvestasikan dana sebesar US$10,5 miliar untuk pengembangan mobil listrik dan kendaraan hidrogen pada 2030. Pemerintah Rusia juga akan membangun 9.000 stasiun pengisian kendaraan listrik pada 2024 dan 72.000 stasiun pengisian pada 2030.

Dan, sebanyak 1.000 stasiun pengisian kendaraan hidrogen juga diharapkan bisa beroperasi mulai 2030.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])