Risma, Menteri PKB dan NasDem Pilih Tak Hadiri Bukber dengan Jokowi, Kenapa?

Nusantaratv.com - 29 Maret 2024

Bukber bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. (Antara)
Bukber bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tak semua menteri hadir dalam buka puasa bersama (bukber) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/3/2024). 

Salah satunya adalah Menteri Sosial Tri  Rismaharini. Selain Risma, ada menteri-menteri dari PKB, yakni Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Pembantu Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yang juga absen. 

Ada pula menteri dari Partai NasDem yaitu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, serta menteri dari PDI Perjuangan (PDIP), seperti halnya Risma, Yasonna Laoly. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan absennya dua menteri dari PDIP tak terkait politik. Azwar Anas sendiri merupakan menteri dari PDIP. 

"Enggak, enggak ada (tidak terkait politik)," ujar Azwar Anas usai buka puasa bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. 

Walau demikian, Azwar Anas mengaku tak tahu persis alasan dua rekannya tersebut tak menghadiri undangan Jokowi. Dirinya hanya menduga kemungkinan Risma dan Yasonna ada acara lain. 

"Wah enggak tahu saya. Mungkin ada acara lain beliau. Mungkin ada kegiatan lain," ucapnya. 

Sementara, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengungkap alasan sejumlah menteri tak hadir dalam acara buka puasa bersama Presiden. Menurut dia, menteri yang tidak hadir ada agenda di luar Jakarta. 

"Bertugas, ada yang ke luar negeri, ada yang tugas di daerah, di luar," ujar Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan. 

Budi Arie meminta agar tak ada narasi-narasi aneh terhadap sejumlah menteri yang tidak hadir dalam acara itu. Sebab, kata dia sejumlah menteri yang tidak hadir sudah izin kepada Jokowi. 

"Kayanya begitu (pamit ke Presiden Jokowi), kan lagi bertugas di luar. Jangan didramatisirlah, datang, enggak datang. Kayanya seru-seru aja, makin asik, makin sip," tandasnya. 

Selain menteri-menteri di atas, juga tak hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Lalu, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Diketahui, dalam kesempatan itu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto duduk semeja dengan Presiden Jokowi. Selain Prabowo, juga ada Wapres Ma'ruf, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto yang turut duduk semeja dengan mantan Wali Kota Surakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])