Retakan Misterius di Apple Vision Pro Bikin Gundah Pengguna

Nusantaratv.com - 24 Februari 2024

Muncul retakan misterius di Apple Vision Pro. (Foto: Zdnet)
Muncul retakan misterius di Apple Vision Pro. (Foto: Zdnet)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemilik headset Apple Vision Pro dibikin gundah. Penyebabnya, muncul retakan misterius pada kaca depan headset.

Semakin mengherankan karena mereka juga tidak tahu bagaimana hal itu bisa terjadi. Demikian dilansir dari Zdnet, Sabut (24/2/2024).

Masalah ini pertama kali diketahui MacRumors dan sejauh ini sudah ada sejumlah Redditor terpisah yang telah mengunggah soal ini di subreddit r/VisionPro. Tampak adanya retakan tipis vertikal di kaca depan meski perangkat itu tidak terjatuh atau terbentur bahkan menyimpannya secara tidak benar.

Pengguna Reddit @dornbirn mengklaim dia hanya menggosok kaca depan, menempatkan penutup lembut, memasukkannya ke dalam case, dan bangun-bangun melihat retakan sepanjang beberapa inci dari batang hidung keesokan paginya.

Sebagian besar Redditor yang mengalami hal serupa mencatat mereka menyimpan Vision Pro mereka di dalam case atau menempatkan penutup lembut. Spekulasi mencul yang menyebutkan mungkin masalah pemanasan saat mengisi daya Vision Pro di dalam case atau dengan penutup ditempatkan. 

Pengguna lain berpendapat jika ini mungkin masalah manufaktur dengan kaca atau sekadar cacat desain yang menempatkan terlalu banyak tegangan pada area tertentu.

Masih belum jelas apakah retakan tipis itu hanya masalah kosmetik, karena sepertinya muncul di atas sensor tetapi tidak menghalangi kamera apapun. Kendati demikian, memperbaiki Vision Pro mahal.

Namun penampakan retakan yang serupa dan jumlah unit yang terkena dampak memungkinkan jika hal tersebut disebabkan cacat produksi. Jika Apple tidak secara resmi mengakui masalah tersebut sebagai cacat produksi, Apple mungkin tidak menutupi celah tersebut berdasarkan garansi perangkat.

Hal ini dilaporkan terjadi pada beberapa pengguna yang terkena dampak. Dan jika diperbaiki di Apple Care biayanya mencapai US$300 (sekitar Rp4,6 juta) untuk memperbaiki kaca penutup saja. Total biayanya sangat menguras kantong yakni US$800 (sekitar Rp12,4 juta) tanpa klaim garansi. 

Seperti yang dilaporkan MacRumors, Apple sering kali menawarkan program perbaikan khusus untuk masalah perangkat keras yang diketahui, namun hal ini hanya mungkin terjadi jika terdapat cukup laporan untuk menjamin perusahaan menyelidiki masalah tersebut secara menyeluruh dan mengidentifikasi masalahnya secara umum. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])